Dewanti: Sekolah – Tempat Wisata Wajib Berkemampuan BHD

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko

MALANGVOICE – Belum banyak yang paham tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) jadi perhatian serius Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Orang nomor satu di Pemkot Batu ini menginstruksikan agar mulai sekolah dan tempat wisata dilatih tentang BHD.

Keinginan Dewanti terkait BHD bukan tanpa alasan. Dia tak ingin apa yang menimpa Almarhum Plt Sekda Kota Batu Achmad Suparto terulang. Almarhum meninggal diduga alami serangan jantung saat bermain futsal.

“Saya lihat rekaman video, meski juga saya tidak berani melihat jelas. Ini ada yang belum sempurna melakukan pertolongan atau bantuan hidup dasar,” beber Dewanti.

Hal ini kemudian menjadi sorotan Dewanti. Dalam kesempatan rapat bersama Yayasan Jantung Indonesia Cabang Malang Raya dab OPD terkait, Dewanti menginstruksikan perangkatnya tentang program pelatihan BHD tersebut. Serta aktivitas lain berkenaan pencegahaan penyakit jantung.

Karena, menurutnya, serangan jantung tidak mengenal usia dan waktu. Ini disebabkan pula pola makan dan gaya hidup.

“Saya minta melalui Asisten II Setda untuk memerintahkan Dinas Pendidikan wajib ada senam jantung di sekolah,” sambung Dewanti. “Di sekolah, melalui UKS atau Pramuka juga dilatih bantuan hidup dasar,” imbuhnya.

Hal sama juga diharapkan diterapkan di tempat-tempat wisata. Idealnya, menurut Dewanti, minim lima karyawan memiliki kemampuan BHD tersebut.(Der/Ery)