Wali Kota Malang Tak Segan Black List Rekanan ‘Nakal’

Wali Kota Malang Sutiaji. (Lisdya/MVoice)
Wali Kota Malang Sutiaji. (Lisdya/MVoice)

MALANGVOICE – Ini masih soal infrastruktur jalan yang rusak. Merespon dugaan tidak beresnya pengerjaan jalan oleh rekanan, Wali Kota Malang Sutiaji ancam black list alias daftar hitam dari peserta lelang.

Namun, Sutiaji juga tak ingin gegabah dalam memutuskan kebijakan. Sebab, menurutnya, banyak faktor yang mengakibatkan kondisi jalan di wilayahnya rusak.

“Berkaitan drainase juga amat menentukan kondisi jalan. Kita harus lihat bersama-sama, tidak serta-merta menyalahkan rekanan,” kata Sutiaji ditemui MVoice, Senin (8/4).

BNN Kota Malang

Namun, Ia tak segan jika kemudian ada bukti kuat bahwa rekanan ada yang tidak beres dalam pengerjaan infrastruktur.

“Saya tidak segan black list rekanan yang tidak sesuai implementasi rencana, dan tidak sesuai spesifikasi,” tegas pria penghobi bulu tangkis ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, tidak jelasnya kapasitas rekanan proyek jadi akar permasalahan rusaknya infrastruktur jalan di Kota Malang. Malang Corruption Watch (MCW) yang mengacu data Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI bahkan mencatat ada rekanan bidang penyalur tenaga kerja hingga penyedia perlengkapan sekolah menggarap proyek tersebut.

Baca juga:
Biang Jalan Rusak, MCW: Kapasitas Rekanan Proyek Tidak Jelas

Soal Jalan Berlubang Kota Malang, MCW: Ada Dugaan Praktik Curang Rekanan Proyek

Data yang dihimpun dari MCW, tidak selarasnya perkerjaan proyek pemenang lelang dengan kapasitas perusahaan yang dimiliki jadi akar masalah infrastruktur. Dampaknya pekerjaan proyek tentang infrastruktur selalu bermasalah.(Der/Aka)