Menyorot Pengelolaan Arsip Daerah Kota Malang

Waduh, Kesadaran Pentingnya Arsip Masih Lemah

Suasana Bimtek Penyelamatan Arsip Vital di Lingkungan Pemkot Malang. (Muhammad Choirul)
Suasana Bimtek Penyelamatan Arsip Vital di Lingkungan Pemkot Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kesadaran SKPD di lingkungan Pemkot Malang tentang pentingnya pengarsipan daerah masih lemah. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah, Wahyu Hariyanto

Selama ini, kondisi itu menjadi hambatan pengelolaan arsip daerah. “Ya, hambatan utama pengarsipan, biasanya SKPD kurang begitu memperhatikan. Padahal, arsip ini kan intisari suatu SKPD,” katanya, Selasa (21/3).

Untuk mewujudkan kesadaran itu, pihaknya menggelar acara bertajuk ‘Bimtek Penyelamatan Arsip Vital di Lingkungan Pemkot Malang’, di Hotel Savana. Wahyu menyebut, yang menjadi sasaran tentu saja semua SKPD, termasuk termasuk 57 kelurahan.

Menghadirkan sejumlah narasumber kompeten, para peserta tak hanya diberikan pemahaman pentingnya pengarsipan. Lebih dari itu, beragam aspek pengelolaan juga dipaparkan.

“Arsip vital ini penting, yang mungkin sudah beberapa tahun untuk bisa diselamatkan, diambil di pengelolaan arsip, agar bisa dibandingkan antara statis atau dinamis,” tambahnya. Dengan demikian, diharapkan ada sinergitas pengelolaan arsip di semua SKPD.