Urai Macet Wilayah Sawojajar, DPUPR Rencanakan Pelebaran Jalan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, Hadi Santoso. (Muhammad Choirul)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, Hadi Santoso. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Urai kemacetan di Wilayah Kelurahan Sawojajar, Pemkot Malang bakal segera benahi infrastruktur jalan. Salah satunya dengan melebarkan beberapa titik Jalan Ranu Grati dan Jalan Puntodewo.

Kepala DPUPR Kota Malang, Hadi Santoso mengungkapkan, untuk mengurangi antrean panjang di kawasan Puntodewo hingga Ranu Grati, pihaknya telah mendapatkan instruksi langsung Wali Kota Malang Sutiaji untuk melebarkan jalan. Dengan memperlebar luas jalan itu diharapkan tidak menimbulkan antrean panjang kendaraan.

“Ada pelebaran jalan di simpang tiga, ada trotoar, nanti kita kepras sedikit. Selama ini, kawasan tersebut, macet karena antrean kendaraan,” kata pria akrab disapa Soni ini.

BNN Kota Malang

Sementara, untuk titik Simpang Empat Rani Grati, pihaknya bakal membangun jembatan kecil.

“Untuk simpang empat di Ranugrati, semua kendaraan akan belok kiri. Kemudian kami diperintahkan untuk membangun jembatan kecil,” urai dia.

Sehingga, kendaraan yang akan berjalan lurus dari arah barat, harus berbelok terlebih dahulu ke kiri pada jam-jam tertentu.

“Jadi, traffic light dari arah barat dimatikan sementara. Ketika belok kiri nanti, akan ada U-Turn, sehingga bisa melanjutkan perjalanan ke arah Timur,” sambung dia.

Selain itu, DPUPR juga akan melakukan pelebaran jalan di titik -titik lain yang sering terjadi kemacetan. Seperti di kawasan perempatan Jalan Sulfat, Kota Malang, dan Simpang Lima di kawasan Tunggulwulung.

“Nanti akan kami koordinasikan, supaya sudut belokan jadi kecil dan tidak terjadi antrian kendaraan lagi,” pungkasnya.(Der/Aka)