06 February 2023
06 February 2023
23 C
Malang
ad space

UM Segera Wujudkan FK Spesifikasi Kedokteran Olahraga

MALANGVOICE – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Malang (UM) dengan specifikasi Kedokteran Olahraga segera diresmikan.

Meski persiapannya kurang beberapa langkah, UM memastikan membuka pendaftaran mahasiswa barunya pada semester gasal 2023/2024 mendatang.

“Hanya kurang tiga langkah untuk mewujudkan FK UM,” ujar Wakil Rektor I UM, Prof Ibrahim Bafadal MPd, saat ditemui, Jumat (16/12).
Menurut Ibrahim, pihaknya sedang menunggu rekom dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), meminta rekom Kemendikbudristek dan Kementerian Kesehatan.

Persiapan penunjangnya sudah dilakukan termasuk fasilitasnya antara lain penyediaan tiga gedung dan fasilitasnya.

FK UM akan menempati 3 gedung yang menghadap Jl Surat yakni gedung B1, B2 dan B3 yang dijadikan tempat pembelajaran, ruang perkantoran, ruang selamat, ruang ketua Departemen maupun laboratorium.

“Sekarang ini KKI sedang melakukan penilaian. Sementara Desk evaluasi sudah selesai dan telah lulus da segera divitasi oleh KKI,” jelasnya.

Ditambahkan, setelah KKI selesai visitasi dan dianggap layak, maka akan diberikan rekom persetujuan untuk mendirikan Departemen S1 Kedokteran,” tegas Ibrahim yang belum mengetahui kapan dilakukan visitasi.

Yang cukup menggembirakan, Tim KKI sudah membaca borang-borang yang diajukan dan sudah menyetujuinya.

“Maka tinggal menunggu KKI datang dan melihat lokasi. Mereka akan melihat media lab gedungnya, perlengkapan, fasilitas. Jika KKI setuju, maka akan menerbitkan surat rekomendasi,” terangnya.

“Jika dikti setuju, maka insyalalah pada semester gasal 2022/2024 akan dibuka prodi S1 Kedokteran,” tandas Wakil Rektor Bidang Akademis dan Kemahasiswaan ini.

Seperti diketahui sebagai fakultas baru FK UM akan dibimbing FK pembina FK UNS yang pendah membimbing FK Unisma. Pakta Kerjasama (PKS) punya sudahdilakukan.

“Tim FK UNS sudah datang ke UM dan melakukan workshop memperbaiki kurikulum.
Sesuai aturan KKI mendirikan FK harus punya FK pembina,” ujarnya.

Menyinvhung FK UM dengan specifik Kedomteran Olahraga, karena UM telah memiliki beberapa prodi. “FK UM langsung meiliki prodi,” jelasnya.

Yakni Prodinya Ilmh Kesehatan Masyarakat yang kini masih gabung dengan Fakultas Ilmj Keolahragaan, S1 Farmasi dan Gizi yang saat ini masih bergabung dengan FMIPA, rencana ditambab Kebidanan dan Keperawatan.

“Jangka panjangnya, kampus 2 UM akan dibangun RS Olahraga dan FK,” paparnya.(der)

Berita Terkini

Arikel Terkait