Targetkan 700 Mahasiswa di 5 Tahun Pertama KCL

King Collage Singosari (Istimewa)

MALANGVOICE – Rencana pengembangan kampus Cabang King’s Collage London di Kecamatan Singosari akan segera terwujud. Kemitraan ini dilakukan guna menunjang sektor pendidikan di Kabupaten Malang. Dalam 5 tahun pertama targetkan 700 mahasiswa.

Proses pembangunan cabang King’s Collage London sudah secara langsung mendapatkan penyerahan izin dari Kementerian koordinator Bidang Perekonomian RI yang dilangsungkan pada 20 Juli lalu.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan izin dari pusat.

Baca Juga: Wahyu Hidayat Masuk Radar Golkar, Bersaing dengan Bung Edi dan Syahreza

Tingkatkan Kebersamaan, Polinema Ajak Ribuan Peserta Jalan Sehat Rangkaian Dies Natalis ke-42

“Untuk secara langsung Penyerahan izin pendirian kampus cabang King’s College London di Kawasan Ekonomi Khusu (KEK) Singhasari,” katanya.

Nurman menambahkan rencananya KCL akan mulai beroperasi pada September 2024 nanti. Hal itu guna meningkatkan potensi sektor pendidikan di Kabupaten Malang. Pihak KCL juga sudah menyiapkan kuota untuk jumlah mahasiswanya.

“Target penerimaan mahasiswa di 5 tahun pertama sebanyak 700 mahasiswa,” tambahnya.

Adapun beberapa program studi yang akan diselenggarakan antara lain Msc Digital Economics, MSc Digital Futures, MSc Digital Law, MSc Pschology, dan MSc Cyber Security. Penyelenggaraan Place-Based TNE akan difokuskan pada program pasca sarjana (S2).

Nurman menjelaskan, KEK Singhasari didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 68 Tahun 2019. Itu merupakan komitmen konkret dari pemerintah untuk mengembangkan pusat pendidikan terbaik.

Harapannya dengan kerja sama dalam penyelenggaraan pendidikan dengan nama Transnational Education tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Indonesia, serta mendorong pengembangan industri dan ekonomi kreatif di KEK.

KCL akan memberikan dukungan dalam pengembangan kurikulum, pelatihan, dan penelitian di KEK. Di sisi lain, KEK akan menyediakan fasilitas dan dukungan untuk kegiatan pendidikan dan penelitian KCL di Indonesia.(der)