Jelang Pilwali 2018 Kota Malang

Sutiaji Raih Nilai Tertinggi Survei PDIP

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika. (Muhammad Choirul)
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mendapat penilaian tertinggi dari hasil survei PDIP terhadap para pendaftar Bakal Calon Wali Kota Malang. Hal ini diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika.

Hanya saja, Made tak menyebut rincian prosentase nilai tersebut. Sebab, survei ini dilaksanakan oleh DPD PDIP Jawa Timur. “Secara spesifik belum disebut angka. Hanya sudah disampaikan secara lisan, nanti akan diumumkan secara resmi untuk lebih detail,” ujarnya, Sabtu (9/12).

Dia menjelaskan, survei ini mengukur tingkat elektabilitas dan popularitas Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang yang mendaftar melalui PDIP. Selain Sutiaji, sejumlah tokoh lain yang mendaftar juga disurvei.

Mereka adalah Wahyu Eko Setiawan, Gandung Rafiul Huda, Deddy Wahjudi, Agus Subagyo, dan Hadi Prajoko. Sedangkan pendaftar Bakal Calon Wakil Wali Kota antara lain Daniel Sitepu, Wanedi, dan Wayan Sutama.

Selain itu, PDIP juga melakukan survei terhadap beberapa tokoh yang tidak mendaftar melalui PDIP. Wali Kota Malang, HM Anton, yang berstatus sebagai petahana juga turut disurvei.

“Untuk tokoh eksternal yang tidak mendaftar, Abah Anton nilainya tertinggi,” imbuh Made. Dikatakan, hasil survei ini menjadi salah satu pertimbangan partai berlambang banteng itu dalam mengeluarkan rekomendasi.

Dia menyebut, sebagai pemilik 11 kursi legislatif, PDIP bisa mengusung calon sendiri. Meski demikian, opsi koalisi dengan partai lain masih dipertimbangkan.

“Tergantung keputusan DPP. Ada dua skema, pertama maju sendiri, kedua koalisi. Kalau tanpa koalisi, peluang Pak Sutiaji untuk diusung cukup besar, ditambah N2 dari kader internal. Namun semua kembali pada keputusan DPP nanti,” pungkasnya.(Coi/Aka)