Selecta Re-opening, Kebanyakan Pengunjung dari Luar Kota Batu

Destinasi wisata Selecta Kota Batu. (Sabinus)
Article top ad

MALANGVOICE – Salah salah destinasi wisata Kota Batu, Selecta kembali dibuka pada Jumat (24/7). Hari pertama dibuka sudah ratusan pengunjung berdatangan tak terkecuali dari Kota Batu.

“Alhamdulillah, mulai hari ini Jumat tanggal 24 Juli resmi buka kembali, dengan standar operasional baru sesuai dengan protokol kesehatan saat ini,” ujar Direktur Selecta, Sujud Hariadi.

Lebih lanjut, kata Sujud, pada hari pertama buka sudah sekitar seratusan pengunjung yang datang. Ia mengungkapkan kalau hari jumat memang tidak sama hari lain yang banyak pengunjungnya. Sementara pengunjung yang datang dari beberapa kota di Indonesia.

“Hasil pengecekan ini, kita kebanyakan dari Malang, Surabaya, Kediri, bahkan dari Jakarta juga sudah ada,” jelasnya.

Sementara itu, kata Sujud, untuk wahana yang dibuka sudah 90 persen, mulai dari kolam renang dan wahana lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti Bianglala, yang biasanya 4 orang kasih hanya kasih 2 orang. Tapi ada wahana yang tidak bisa physical distancing seperti, namanya Tagada karena membuat orang cenderung berkumpul,” tambahnya.

Selain itu, Kolam renang yang biasanya 100 orang hanya diizinkan 40 orang. Sementara untuk total pengunjung dibatasi 5000 orang dalam sehari dan pada tempat tertentu tidak boleh lebih dari 2000 orang dalam satu lokasi dengan mengontrol pada bagian pemberi tiket.

“Gantian dulu, berkurang setelah itu baru masuk yang baru. Pembatasan bukan hal luar biasa, jadi orang menunggu setengah jam, satu jam orang (pengujung) masih mau,” tandas Sujud.

Sujud juga mengungkapkan menyediakan ruang isolasi. Sekitar 6 kamar hotel dijadikan ruang isolasi.

“Ketika pengunjung ditermorgan pertama kali, ditemukan suhu di atas 37 derajat keatas kita hentikan 10 menit, barangkali dehidrasi, lalu ditermorgan lagi ketika masih sama langsung masuk ruang isolasi dan langsung menghubungi satgas Kota Batu,” ungkapnya.

Sementara untuk jam buka tetap jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Beda dengan hari lain untuk hari Senin dibuka jam 11 siang, dengan alasan hari Senin untuk pembersihan lebih intensi.

“Setiap hari kita tetap lakukan pembersihan, penyemprotan disinfektan ada, cuman pada hari Senin pembersihan sehingga benar-benar maksimal,” tutupnya.(der)