Saatnya Pemuda Tampil Sikapi Kondisi Bangsa

Pemerhati dunia kepemudaan, Edi Rudianto

MALANGVOICE – Kondisi perekonomian Indonesia yang makin memprihatinkan, ditandai dengan tingginya nilai tukar rupiah dan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang masal kini menjadi permasalahan bangsa yang memerlukan jalan keluar.

Pemerhati dunia kepemudaan, Edi Rudianto, menegaskan, kondisi bangsa yang carut marut ini, momentum kebangkitan pemuda memberikan solusi atas permasalahan bangsa.

“Karena pemuda adalah pelaku masa kini dan pemilik masa depan,” kata Edi, beberapa menit lalu.

Dijelaskan, dalam perjalanan sejarah Indonesia, terbukti bahwa pemuda selalu menjadi motor penggerak dan merupakan sosok penting dalam setiap perubahan. Sebab, kaum muda merupakan pilar utama dalam setiap pergerakan yang mewujudkan perubahan fundamental.

“Kaum muda bergerak atas nilai-nilai idealisme dan moralitas murni dalam melihat setiap persoalan besar bangsa,” tandasnya.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang ini, menambahkan,estafet perjuangan bangsa Indonesia harus diserahkan dan dikembalikan kepada pemuda.

“Maka momentum bulan oktober kedepan sebagai bulan sumpah pemuda, merupakan momentum yang tepat dalam membangun kebangkitan pemuda,” pungkasnya.