Liburan Bersama Anak, Siapkan Lima Hal ini!

Liburan bersama anak. (Mamamia)

MALANGVOICE – Berlibur bersama anak adalah momen yang paling ditunggu sebuah keluarga. Namun, banyak yang beranggapan berlibur bersama anak itu sangat repot, terlebih jika sang anak masih kecil dan suka rewel.

Sebetulnya berlibur bersama anak dan keluarga tidak perlu dikhawatirkan. Hanya cukup persiapan yang baik sebelum berangkat. Mulai kesiapan mental, kesehatan dan peralatan.

Nah, MVoice sudah merangkum beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum berangkat berlibur ke luar kota. Apa saja?

BNN Kota Malang

Pakaian
Berapa lama Anda akan bermalam di luar kota? Durasinya akan menentukan berapa banyak pakaian si kecil yang harus Anda bawa. Selain pakaian yang disimpan di koper, selalu biasakan membawa satu set pakaian ganti di tas jinjing Anda. Tidak ada yang pernah tahu kapan anak akan keringat sampai gobyos atau ketumpahan air. Bila perlu, tambahkan pula satu set pakaian ganti untuk Anda, Tidak usah repot membongkar koper kan?

Mainan
Lamanya perjalanan, belum lagi lalu lintas yang macet, pasti membuat anak merasa bosan. Alihkan perhatian si kecil dengan membawakan beberapa mainan favoritnya. Usahakan tidak memberikan gadget selama perjalanan darat, khususnya dengan mobil. Berikan saja mainan seperti mobil-mobilan, boneka, atau ajak ia bernyanyi dan bermain sederhana bersama-sama.

Stroller atau gendongan
Mana yang membuat Anda lebih nyaman, terutama jika Anda bepergian dengan balita. Stroller cocok dibawa jika Anda hendak menjelajah tempat luas dengan jalanan yang juga sudah rapi. Anda pun tidak perlu lelah menggendong si kecil. Sebaliknya, gendongan lebih praktis untuk Anda yang senang berjalan kaki dan menjajal wisata alam. Pilih tipe yang Anda kuasai benar ya, sehingga waktu Anda tidak habis hanya untuk mengatur posisi gendongan.

Camilan dan air minum
Meski Anda akan mudah menjumpainya di berbagai destinasi wisata, membawa camilan dan air minum dari rumah itu lebih irit lho. Selain bisa menyesuaikan dengan selera anak, Anda juga tidak usah repot-repot menghentikan kendaraan atau menunggu pramugari datang menyajikan makanan. Baru saat makan siang atau makan malam bisa mengandalkan restoran maupun warung makan.

Obat-obatan
Kalau yang ini wajib hukumnya, berapa pun usia anak. Beberapa obat-obatan dasar yang dapat Anda bawa antara lain penurun demam, obat batuk pilek, vitamin, obat antialergi, minyak kayu putih, dan plester. Tambahkan juga obat pribadi Anda, siapa tahu dibutuhkan sewaktu-waktu. Jangan lupa bawa termometer untuk membantu Anda mengecek suhu tubuh si kecil.

Itulah 5 perlengkapan wisata yang harus Anda bawa saat bepergian dengan anak. Hal paling penting lainnya adalah soal penginapan. Kalau berlibur bersama keluarga, pastinya harus menginap di tempat yang aman, nyaman, dan murah. Solusi paling tepat adalah booking hotel dengan aplikasi Airy.

Kemudahan pembayaran juga membuat Anda tidak perlu pusing-pusing lagi mencari hotel.
(Der/Ulm)