Jalan Provinsi Kediri-Batu Kembali Longsor, Kendaraan Bertonase Berat Wajib Putar Balik

Longsor memakan bahu jalan di Pujon. (Istimewa)

MALANGVOICE – Bencana longsor kembali terjadi di Dusun Ngroto, Desa Lebaksari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Longsor itu tejadi pada sekitar Pukul 11.00 WIB, Jumat (05/03).

Sebelumnya telah terjadi longsor di jalan provinsi itu pada tanggal 26 Februari lalu. Ketika diperbaiki longsor itu terjadi lagi karena ada aliran air di bawah jalan.

PPK DPU Bina Marga Jawa Timur, Idrus, mengatakan pihaknya berusaha menangani permasalahan ini. Penanganan itu dilakukan dengan menggali tanah namun tanahnya terus turun dan akibatnya terjadi longsor.

“Sekarang kami lakukan pembangunan kembali yang kami estimasi selesai dua minggu mendatang. Konstruksinya akan diplengseng dengan batu,” ujarnya.

Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan akibat longsor ini. Kanit Dikyasa Polres Batu, Ipda M. Huda menjelaskan telah melakukan sistem buka tutup di jalan ini.

“Akibat sistem buka tutup ini lalu lintas jadi padat karena banyak kendaraan yang mengantre. Antrean dari kedua sisi mencapai dua sampai tiga kilometer,” paparnya.

Selain itu Huda menjelaskan Satlantas Kota Batu juga melakukan penyekatan kendaraan dengan tonase besar. Seperti truck fuso dan bus besar dilarang melintasi jalan ini.

“Kami juga lakukan imbauan di perempatan Pesanggrahan Kota Batu agar kendaraan dengan tonase besar cari jalan lain. Begitu juga dengan yang akan masuk melalui Kabupaten Kediri,” tandasnya.(end)

article bottom ad