Ini Dia Keunggulan Robot UMM, Wakil Indonesia di Amerika Serikat

Tim Robotik UMM yang akan berangkat ke Amerika Serikat (Tika)
Tim Robotik UMM yang akan berangkat ke Amerika Serikat (Tika)

MALANGVOICE – Tim Robotik UMM yang akan berangkat ke Trinity College, Connecticut, Amerika Serikat untuk mewakili Indonesia dalam ajang kontes robotik internasional, memiliki beberapa keunggulan dalam karya yang mereka ciptakan.

Tiga robot bakal mereka bawa, Dome_Mu oleh Ikhlal Aldhi Wijaya, UnmuhMalang dibawa Imam Fatoni dan InaMuh oleh Salis Muchtar Fadhilah.

“Desain robot ini kami buat sendiri, jadi unik. Modelnya berkaki dengan inspirasi dari laba-laba,” kata Salis, Senin (27/3).

BNN Kota Malang

Salis menjelaskan, ada empat keunggulan yang dimiliki oleh robot yang mereka ciptakan itu.

Pertama, desain dibuat dengan model kaki yang diperpanjang 50 milimeter. Tujuannya, memaksimalkan langkah robot namun dapat bermanuver dengan baik.

Selanjutnya, kecepatan pembacaan sensor, ultrasonik dan infra merah. Kedua sensor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Agar lebih maksimal, jumlah sensor ultrasonik dikurangi dari delapan menjadi empat. Sementara infra merah ditambah dari dua menjadi enam.

“Ketepatan deteksi potensi lilin kami juga akurat. Robot ini ditambah sensor infra red Flame Array yang digunakan untuk menentukan titik api,” tegas dia.

Terakhir, strategi dan algoritma. Menurut tim, algoritma paling mudah untuk menentukan lilin adalah dengan metode wall follower, robot menelusuri dinding dan jika menemukan lilin, akan segera memadamkan.

“China cepat tapi kurang akurat,” kata dosen pembimbing, Ir M Irfan MT.