Peringatan Idul Adha 1438H

Ikuti Tips Ini Sebelum Beli Hewan Kurban

Kambing yang sehat layak disembelih (istimewa)

MALANGVOICE – Hari raya Idul Adha 2017 tinggal hitungan hari. Sudahkah Anda menyiapkan hewan untuk dijadikan kurban tahun ini? Kalau belum, Anda perlu tahu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli hewan kurban.

Menurut pedagang dan juru sembelih halal, Taufik, memilih hewan qurban yang pertama harus mempertimbangkan umur hewan.

Umur hewan jenis sapi yang baik sebagai hewan qurban adalah dua tahun, domba enam bulan sampai satu tahun, dan kambing satu tahun. Untuk mengetahui berapa umur hewan kurban adalah dengan melihat gigi seri hewan kurban yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap.

Pada kambing, apabila satu pasang gigi seri sudah berganti maka umur kambing tersebut sekitar satu tahun. Sedangkan pada domba, pergantian satu pasang gigi seri artinya umur domba tersebut sekitar 1 tahun.

Sedangkan hewan sapi, apabila satu pasang gigi seri sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap berarti umur sapi tersebut sudah sekitar dua tahun.

“Pastikan hewan untuk kurban adalah yang sempurna dan tidak mengalami cacat. Hewan juga tidak boleh dalam keadaan stress, karena bisa mempengaruhi kualitas daging,” katanya saat dihubungi MVoice.

Terakhir, pastikan perawatan kambing maksimal sampai tiba waktu hewan itu disembelih Sehingga menghasilkan daging yang Aman Sehat dan Utuh (Asuh).(Der/Ak)