BMKG Prediksi Hujan Lebat Berakhir Hari Ini

Hujan deras mengguyur Malang Raya pertengahan November. (Mvoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso memprediksi hujan lebat bakal berakhir hari ini 11 Desember 2020.

Kepala Sub Bagian Observasi dan Informasi (BMKG) Karangploso Malang, Anung Suprayitno mengatakan, hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang di awal Desember 2020 lalu berakibat bayak terjadi tanah longsor, seperti di Kasembon yang terjadi pada Senin (7/12) silam.

“Jadi awal mula hujan lebat ini mulainya adalah 5 Desember dan kami prediksi berakhir 11 Desember atau hari ini,” ungkapnya, saat di hubungi awak media, Jumat (11/12).

Hujan lebat tersebut, lanjut Anung, muncul karena adanya angin monsun Asia yang aktif bergerak di atmosfer wilayah Jawa Timur, yang mengakibatkan curah hujan bersifat sporadis dan ekstrem berpotensi terjadi

“Dengan adanya angin mosun Asia itu membuat kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil, dan juga memicu adanya pusaran angin yang mendorong terbentuknya daerah pertemuan kecepatan (konvergensi), yang membuat curah hujan meningkat di wilayah Jawa Timur termasuk Kabupaten Malang,” jelasnya.

Atas adanya prediksi tersebut, tambah Anung, warga Kabupaten Malang diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati.

“Karena di luar hujannya disertai puting beliung, hujan lebat, disertai kilat atau petir dan hujan es dan dampak yang ditimbulkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin,” tandasnya.(der)