Polemik Pembangunan Pasar Dinoyo

Besok, Pedagang Mulai Tempati Pasar Terpadu Dinoyo

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto. (Muhammad Choirul)
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Polemik pembangunan Pasar Dinoyo memasuki babak baru. Setelah sebelumnya ratusan pedagang meluruk Balai Kota terkait penolakan relokasi, kali ini sebagian sudah bersedia menempati Pasar Terpadu Dinoyo.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto, menyatakan, proses relokasi dimulai Sabtu (7/1) besok. “Rabu (4/1) lalu, beberapa pedagang sudah meninjau lokasi barunya di Pasar Terpadu Dinoyo. Besok mulai pukul 10.00 WIB, ada pergerakan ke sana dari Pasar Merjosari,” ungkapnya ketika ditemui di kantornya, Jumat (6/1) sore.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan ini mengaku, sudah bertemu sejumlah tokoh pedagang, termasuk yang beberapa waktu lalu ikut serta dalam aksi dama di halaman Balai Kota. Dia menyebut, sekitar 100 pedagang sudah siap pindah dari Pasar Merjosari.

Terkait relokasi ini, Dinas Perdagangan juga menyiapkan bantuan sarana transportasi. Sementara itu, terkait pedagang yang belum ingin pindah, Wahyu tidak mempermasalahkan hal itu karena status Pasar Merjosari saat ini berupa status quo.

“Tapi tetap kami beri batasan, berupa imbauan-imbauan agar segera pindah ke Pasar Terpadu Dinoyo karena di sana sudah selesai pembangunannya,” pungkasnya.