HUT ke-103 Kota Malang

Bersama Masyarakat, F3R Pungut Sampah di Car Free Day Ijen

Aksi pungut sampah bersama masyarakat di sela Car Free Day di Jalan Ijen. (F3R for MVoice)

MALANGVOICE – Komunitas Fasilitator Reduce Reuse Recylce (F3R) menggelar aksi pungut sampah bersama masyarakat di sela Car Free Day di Jalan Ijen, Kota Malang, Minggu (2/4). Aksi ini sekaligus memperingati HUT ke-103 Kota Malang.

Koordinator aksi, Muttaqin Eko Wirawan, mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai kampanye pengelolaan sampah. “Agar masyarakat mengenal pengolahan sampah di rumahnya dengan sistem memilah, yaitu dengan membedakan beberapa jenis sampah rumah tangga,” papar Wawan, sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan, beberapa jenis sampah perlu dipilah, setidaknya pada tiga kategori. Pertama, sampah yang bisa dijual di bank sampah atau yang biasa diaebut sampah an-organik. Kedua, sampah organik, yakni yang bisa dimasukkan komposter. Terakhir, residu, yakni sampah yang tidak bisa diolah secara rumah tangga.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Bank Sampah Malang. Harapannya, semoga dengan berjalannya waktu masyarakat bisa membawa perubahan terhadap lingkungannya sejalan dengan program Kota Malang bebas sampah 2020,” tuturnya.

F3R sendiri merupakan komunitas yang membidangi pengelolaan sampah di masysarakat. Saat ini, kurang lebih 100 orang sudah bergabung bersama F3R.