Carut Marut APBD 2017 Kota Batu

APBD Didok, Dewan Minta SKPD Maksimal Jalankan Program Kerja

Wakil Ketua DPRD Batu, Hari Danah Wahyono.(miski)
Wakil Ketua DPRD Batu, Hari Danah Wahyono.(miski)

MALANGVOICE – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Kota Batu telah didok, Rabu (14/12), malam. Meski telah disahkan dewan memberi catatan terkait penggunaan anggaran tersebut.

Wakil Ketua DPRD, Hari Danah W, mengatakan, SKPD harus maksimal dan penggunaan anggaran. Paling tidak Desember 2017, anggaran terserap semua.

Apabila tidak, kata dia, sebaiknya kepala dinas mundur dari jabatannya, karena 2017 merupakan tahun terakhir kepemimpinan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

“Kalau mampu ya jalan terus, tapi kalau tidak silahkan mundur sejak awal,” katanya.

Program Smart City juga harus terlaksana di tahun depan. Pasalnya, program yang masuk di PAK 2016 belum berhasil dijalankan. Anggarannya pun tidak sedikit mencapai Rp10 miliar.

Selain itu, dewan meminta masyarakat supaya melapor apabila jalan di Kota Batu kurang maksimal.

“Kami sudah setujui Rp27 miliar untuk perbaikan jalan di tahun depan, khusus jalan-jalan kota dan menuju desa/kelurahan. Sedangkan jalan desa bisa dialokasikan melalui ADD dan DD,” tegas politisi Gerindra ini.

Total APBD tahun 2017 mencapai Rp822 miliar dengan target PAD sebesar Rp124 miliar. Terjadi defisit sebesar Rp22,6 miliar dan angka defisit tersebut dipenuhi dengan Silpa tahun berjalan.