Takbir Keliling, Siswa Ajak Unta dan Sapi Replika

Santri dan siswa saat mengikuti takbir keliling Desa Sidomulyo (fathul/malangvoice).

MALANGVOICE – Ribuan santri dan siswa se Desa Sidomulyo, Kota Batu, tumplek blek ke jalan melakukan takbir keliling. Mereka berjalan dari Rest Area Sidomulyo dan finish di SDN 3 Sidomulyo.

Alunan takbir dari santri bersahut-sahutan dengan mikrofon panitia untuk mempromosikan sekolahnya masing-masing. Suasana menjadi meriah karena siswa juga memukul tabuh-tabuhan sepanjang jalan.

Tidak hanya jalan kaki begitu saja, banyak pula kreativitas muncul dari takbir keliling ini. Beberapa kelompok siswa membuat replika unta dan berteriak-teriak bahwa mereka akan menyembelih unta besok pagi.

Selain unta, ada pula sapi dan kambing yang juga berukuran raksasa. Siswa mengaraknya seperti karnaval pada umumnya. Bahkan beberapa siswa menampilkan atraksi menyemburkan api dari mulutnya hingga membuat penonton minggir.

“Ini acara tahunan mas, diikuti tiga dukuh yang ada di Desa Sidomulyo, yaitu Dukuh Rembuk, Dukuh Tonggolari, dan Dukuh Tinjumulyo,” ungkap Linmas Desa Sidomulyo, Suyono kepada MVoice sembari jalan.

Finishnya sendiri, kata Suyono, adalah di Dusun Rembuk, samping SDN 3 Sidomulyo. Menurutnya, acara demikian dilaksanakan guna merekatkan hubungan kesaudaraan islam antar masyarakat Desa Sidomulyo.

“Ini bagian syiar kita juga agar Islam bergema di mana-mana. Jadi kita harus memaknai kegiatan seperti ini lebih positif,” tutupnya.

Santri dan siswa saat mengikuti takbir keliling Desa Sidomulyo_