Luncurkan Maskot Pilkada 2024, KPU AJak Pemilih Memilih dengan Cerdas

Maskot Pilkada 2024 diluncurkan dan diperkenalkan kepada masyarakat sebagai bagian sosialisasi agar tingkat partisipasi pemilih meningkat. (MVoice/KPU Batu).

MALANGVOICE- Perhelatan Pilkada serentak 2024 bakal digelar pada 27 November mendatang. Penyelenggara pemilu pun mulai menyusun strategi agar masyarakat yang memiliki hak pilih berbondong-bondong ke TPS menyalurkan hak suara. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

Bersamaan dengan itu, KPU Batu meluncurkan maskot Pilkada bernama si Angga dan si Anggi. Maskot tersebut diarak bersama si Jali Maskot Pilkada Jatim 2024 berkeliling Kota Batu hingga 1 September. Kirab maskot ini bagian dari memperluas sosialisasi pilkada kepada seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih.

Ketua KPU Batu, Heru Joko Purwanto mengajak pemilih menggunakan hati nuraninya untuk memilih kandidat kepala daerah. Karena suara pemilih akan menentukan sosok pemimpin yang akan mewarnai perjalanan Kota Batu selama lima tahun mendatang.

Sebagaimana diketahui, pada Pilkada Batu 2024, ada tiga kandidat bacakada yang sudah mendaftar. Yakni Firhando Gumelar-H. Rudi (GURU) yang diusung Demokrat, Golkar, PAN, PKS.

Bacakada lainnya yakni, pasangan Nurochman (Cak Nur)-Heli Suyanto (Mas Heli) yang diusung Koalisi Wong Mbatu, terdiri dari PKB dan Gerindra.

Terakhir pasangan Kris Dayanti (KD) dan Kresna Dewanata Prosakh (KriDA) diusung PDIP dan Nasdem. Didukung pula sembilan partai non parlemen peserta Pileg 2024. Antara lain, Yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Perindo, Hanura, Ummat, Gelora, PPP, PKN, Partai Garuda, juga Partai Buruh.

“Mari pilih pemimpin Kota Batu untuk lima tahun ke depan. Pilihlah pemimpin sesuai hati nurani, yang menurut masyarakat adalah pemimpin terbaik,” kata Heru.

Baca juga:
Pasangan GURU dan KD Jalani Tes Pemeriksaan Kesehatan pada Hari Ketiga

Pilkada Kota Batu 2024 Membentuk 3 Poros Koalisi, Pasangan Kepala Daerah Mendaftar pada Hari yang Sama

Gagal di Jalur Independen, Sam HC Terima Rekom PDIP Gandeng Ganis

Pilwali 2017, KPU Kota Batu Ajukan Rp 12,7 Miliar

KPU dan Bawaslu Kota Batu Terima Kucuran Dana Hibah Pemilu

Bawaslu Batu Tak Segan Bubarkan Kegiatan Kampanye Tanpa STTPK

Maskot si Angga, si Anggi dan si Jali dikirab berkeliling tiga kecamatan di Kota Batu. Mulai Kecamatan Junrejo-Kecamatan Batu- Kecamatan Bumiaji. Sehingga gegap gempita perhelatan akbar politik lebih terasa di masyarakat.

“Konsep pelepasan maskot kami buat semenarik mungkin dengan mengangkat dua isu. Pertama tentang Pilkada kapan dilaksanakan dan memilih secara cerdas. Kedua kami tetap mengangkat potensi pariwisata Kota Batu,” ujarnya.

Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq menyampaikan, tahun 2024 adalah tahun yang luar biasa. Di Kota Batu pelaksanaan pemilu sukses luar biasa, ini ditandai dengan angka partisipasi masyarakat mencapai 88,7 persen.

“Saya meyakini bahwa angka partisipasi ini juga akan dicapai pada pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024,” tuturnya.

Menurut Rozaq, kirab maskot di Kota Batu menjadi yang paling luar biasa. Dimana rangakaian kegiatannya dikemas sangat menarik. Digelar di landing paralayang dan dapat disaksikan berbagai lapisan masyarakat.

“Ini merupakan salah satu metode yang bagus untuk mensosialisasikan Pilkada serentak Tahun 2024,” katanya.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, setelah Si Jali dikirab di 38 kabupaten/kota di Jatim. Nantinya Si Jali akan dikirab di Surabaya bersama maskot-maskot kabupaten/kota di Jatim. Ini dilakukan sebagai bagian untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilkada 2024.

Disisi lain, dia juga mengapresiasi Pemkot Batu yang memiliki komitmen tinggi untuk mensukseskan Pilkada 2024. Bukti komitmen tinggi itu dapat dilihat dengan ditandatanganinya Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Pemkot Batu kepada KPU Kota Batu.

“Ini merupakan wujud komitmen tinggi dari Pemkot Batu, untuk mendukung sukses dan lancarnya Pilkada serentak Tahun 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Pawai menambahkan, seluruh rangkaian Pilkada 2024 diharapkan bisa berjalan lancar, aman, damai serta menyejukkan untuk seluruh masyarakat Kota Batu.

“Kami ingin Pilkada ini dapat menyatukan kita semua, menyatukan pandangan kita bahwa saatnya kita memilih pemimpin-pemimpin terbaik khususnya untuk wilayah Jatim dan Kota Batu,” tuturnya.

Pj Aries meyakini, masyarakat Kota Batu menginginkan kedamaian, kebersamaan dan mencintai sesama. Karena itu dia mengajak masyarakat untuk turut menjaga Pilkada ini tetap berjalan riang gembira.

“Saat Pemilu Februari lalu sukses luar biasa. Saat ini kami nantikan pelaksanaan Pilkada, yang tentunya harus sukses juga, demi masyarakat Kota Batu yang kita cintai. Mari kita dukung Pilkada damai di Kota Batu tercinta,” ujarnya.

Menurutnya Pilkada damai menjadi poin penting untuk Kota Batu yang notabenya sebagai Kota Wisata. Sehingga branding Kota Wisata tidak tercederai, wisatawan-wisatawan semakin banyak yang datang ke Kota Batu.

“Mari jaga Kota Wisata kita. Kita boleh beda pilihan, tapi kita semua harus tetap satu,” tutupnya.(der)