Tiga Wilayah Terbaik Wakili Kota Malang Lomba Satkamling 2023 Tingkat Polda Jatim

Juara Satkamling tingkat Kota Malang 2023. (Istimewa)

MALANGVOICE – Tiga wilayah di Kota Malang diikutkan seleksi tingkat Polda Jatim dalam lomba Satkamling 2023. Tiga wilayah itu antara lain Sukun, Lowokwaru, dan Blimbing.

Kapolresta Malang Kota, Kombespol Budi Hermanto, mengatakan, lomba ini menilai kemampuan masyarakat dalam pengamanan berbasis kearifan lokal.

“Lomba ini mulai tingkatan Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro sampai dengan tingkat Polda,” kata Budi Hermanto, Rabu (21/6).

Baca Juga: Pelaku Dugaan Cabul Anak Ditangkap Polresta Malang Kota

Satu Korban Hanyut Sungai Brantas Ditemukan

Diketahui Satkamling sendiri merupakan upaya untuk menguatkan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa alias Pam Swakarsa. Terdiri dari unsur masyarakat, yang menghidupkan Pos Kamling, untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitar. Berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Polisi RW di wilayah tersebut.

Dari tiga wilayah yang juara itu nantinya ikut seleksi di Polda Jatim. Apabila lolos, akan ikut ke skala nasional.

Buher menyatakan, lomba ini bisa meningkatkan kembali Pam Swakarsa. Karena dengan mengaktifkan Pam Swakarsa ini, banyak manfaatnya bagi kampung ataupun wilayah sekitar.

“Untuk tiga kampung ini memang dipilih, untuk nanti yang diajukan perlombaan tingkat nasional. Kami juga mohon doanya dari Pak Wali Kota, Ketua Dewan, Pak Dandim,” ujar lulusan Akpol 2000 ini.

Sementara itu Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji, menyatakan, peran masyarakat penting dalam memelihara keamanan di lingkungan sekitar.

Tugas Pam Swakarsa ini kata Sutiaji, selaras dengan keberadaan dan fungsi Kelurahan Tangguh dan RW Tangguh.

“Maka ketika itu dipahami, fungsi kamling, pos kamling, dan masyarakat yang ada di sekitar itu tinggal difungsikan. Termasuk menangkal berita hoax,” ujar Sutiaji.

Sutiaji juga akan mendukung penuh kebutuhan keamanan lingkungan di masyarakat. Mulai kebutuhan alat komunikasi, jaringan internet dan banyak hal lainnya akan dikoordinasikan dengan DPRD Kota Malang.

“Sekiranya mana yang bisa disupport oleh kebutuhan dasar di sana, kebutuhan kamling di sana. Sepanjang nanti memang dipandang penting ya akan kita support dengan pembiayaan di kita semua. Itu nanti tugas kami untuk memberikan penguatan di situ. Sambil penguatan mindsetnya,” tandas Sutiaji.(der)