Andreas Eddy Gelar Safari Gotong Royong, Sambangi Korban Bencana Gempa Kabupaten Malang

Anggota Komisi XI DPR RI Ir.Andreas Eddy Susetyo,MM saat meninjau rumah warga di Desa Tirtomarto Kecamatan Ampelgading, Selasa (27/4). (istimewa)

MALANGVOICE – Anggota Komisi XI DPR RI Ir Andreas Eddy Susetyo, menggelar Safari Gotong Royong ke daerah terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang.

Andreas sekaligus memberi bantuan serta mengajak masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Malang mengedepankan gotong royong untuk mempercepat recovery.

Hal itu dia sampaikan didepan warga yang terdampak gempa bumi cukup parah di wilayah Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo dan Dampit Kabupaten Malang, Selasa (27/4), di sela-sela penyerahan bantuan untuk para korban.

“Semua tentu tidak berharap terjadi bencana gempa. Tetapi sekarang sudah terjadi dan yang kita hadapi adalah berbagai kerusakan rumah maupun fasilitas umum. Sehingga dibutuhkan kerja keras dan kebersamaan agar kondisi segera pulih dan kehidupan normal,“ papar anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Ir.Andreas Eddy Susetyo,MM menyerahkan bantuan secara simbolis di Kecamatan Tirtoyudo. (Istimewa)

Diungkapkannya, dalam safari yang dilaksanakan selama dua hari (27-28 April) ke 13 desa terdampak gempa tersebut disalurkan berbagai kebutuhan mendesak bagi warga. Seperti sembako, terpal untuk atap tempat tinggal sementara, karpet alas tidur, material bahan bangunan (semen, pasir, batu bata) dan lain-lain.

Baca Juga: Andreas Sebut Bantuan Perbankan Diperlukan Korban Bencana Gempa

Baca Juga:BI Salurkan Bantuan PSBI Ratusan Juta Rupiah bagi Korban Gempa

Desa-desa yang disapa Andreas Eddy Susetyo meliputi, Sidorenggo, Wirotaman, Tirtomarto, Jogomulyan, Kepatihan, Sumbertangkil, Pujiharjo, Pamotan, Mojang, Sidoasri, Sitiarjo, Tambak Rejo, dan Tumpak Rejo tersebar di Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit, dan Kalipare.

Acara dimulai dari Pendopo Kabupaten Malang ditandai penyerahan bantuan secara simbolis yang diterima Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto.

Andreas Eddy Susetyo juga meminta, dalam suasana sulit seperti sekarang, semua menanggalkan ego masing-masing dengan mengedepankan kebersamaan dalam mennyelesaikan problem. Akar budaya masyarakat Indonesia termasuk rakyat Malang berupa gotong-royong dinilai menjadi salah satu modal kuat dalam melewati penderitaan bersama yang pascagempa.

“Aksi gotong-royong ini ditunjukkan tidak hanya oleh warga yang menjadi korban bencana, tetapi juga warga dari seluruh pelosok Tanah Air melalui aksi penggalangan bantuan yang terus mengalir. Sekat-sekat geografi, suku, agama, ras dan antargolongan melebur dalam satu tujuan bersama yakni meringankan beban sesama,” serunya.

Tokoh asli Malang ini juga menyatakan bahwa kegiatannya menemui warga korban bencana tersebut adalah bagian dari kewajiban sebagai wakil rakyat dalam kegiatan selama reses.

“Kabupaten Malang adalah salah satu Dapil saya,sehingga sudah seharusnya saya memastikan semua tertangani dengan baik. Ini merupakan tugas pengawasan yang diemban anggota DPR,” tandasnya.

Wakil Bupati Malang Drs H.Didik Gatot Subroto,SH,MH memberikan apresiasi kegiatan Safari Gotong Royong tersebut.Karena menyasar pada kebutuhan paling mendesak warga korban bencana.

“Saya berterimakasih atas partisipasinya melalui penyaluran bantuan ini. Dengan cara mengunjungi langsung ke lokasi bencana.Semoga bantuan akan cepat dan tepat sasaran,” pungkasnya. (der)