2017, Saatnya Resolusi Diet Lebih Efektif

resolusi diet (ist)
resolusi diet (ist)

MALANGVOICE – Anda yang gagal diet di tahun 2016, jangan berkecil hati. Tahun baru 2017 saatnya memperbaiki pola diri dan memperbaiki pola diet yang kurang efektif.

Menurut seorang dietitian di Griya Santha, Amalia Achmad, diet sebaiknya tidak perlu terlalu melarang diri sendiri untuk memakan makanan favorit seperti cokelat, soda, cake, popcorn, atau gorengan misalnya.

“Silahkan makan-makanan favorit. Tentu saja yang perlu diperhatikan itu porsinya. Mungkin seminggu sekali atau seminggu dua kali tidak masalah sih,” katanya.

Agar diet berhasil di tahun ini, lanjutnya, buat target yang lebih spesifik, terukur dan realistis. Jangan asal mentarget turun berat badan.

“Jangan asal target turun 10 kilo. Tidak bisa begitu. Target saja, tiap hari jalan kaki 10 menit, minum 1 liter air putih, atau rajin joging setiap 2 kali seminggu. Utamakan gaya hidup yang bisa disisipkan ke aktivitas sehari-hari saja,” katanya.

Target yang tidak realistis, lanjutnya, akan menyebabkan semangat terhenti di tengah jalan. Ujung-ujungnya gagal diet.

Selanjutnya, pilih jenis olahraga yang paling diminati. Kalau suka jalan kaki, rutinlah jalan kaki atau joging kecil-kecilan. Tidak harus ke gym jika tidak terbiasa, mulai kebiasaan olahraga di rumah.