09 February 2023
09 February 2023
27.4 C
Malang
ad space

Waspada Penyakit Saat Kemarau, Apa Saja?

MALANGVOICE – Saat ini Indonesia tengah dilanda musim kemarau. Di Kota Malang sendiri khususnya, setelah hampir beberapa pekan mengalami suhu udara dingin, kali ini mengalami puncaknya musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Asih Tri Rachmi mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kondisi tubuh, sebab di musim ini rentan mengalami berbagai penyakit, di antaranya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Syndrome Mata Kering (Dry Eyes), diare, demam tifoid atau tifus, serta heatstroke.

“Paling parah itu adalah ISPA, karena ISPA menyebabkan fungsi pernapasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi ini bisa berakibat fatal, bahkan sampai berujung pada kematian,” kata Asih kepada MVoice, Rabu (15/8).

Sekadar diketahui, ISPA merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Orang-orang yang memiliki kelainan sistem kekebalan tubuh dan orang-orang lanjut usia akan lebih mudah terserang penyakit ini. Anak-anak juga memiliki risiko yang sama, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya.

“Untuk mengantisipasi tidak menularnya penyakit ini saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker, karena penyakit ini sangat rentan,” pungkasnya.(Der/Aka)

Berita Terkini

Arikel Terkait