HUT ke-16 Kota Batu

VIDEO: Khusyuknya Ritual Mendoakan Leluhur di Petilasan Tunggulwulung Kota Batu

MALANGVOICE – Rangkaian perayaan HUT ke-16 Kota Batu hari ini (16/10) dikemas nuansa sakral. Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Wali Kota Batu Terpilih 2017-2022 Dewanti Rumpoko melangsungkan serangkain ziarah di empat lokasi yang disakralkan masyarakay Kota berjuluk De Klein Switzerland ini.

MVoice berkesempatan merekam detik-detik ritual di Petilasan Tunggulwulung, Dusun Tetep, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. Rombongan Dewanti-Punjul datang di lokasi sekitar pukul 12.30 WIB. Tampak mendampingi juga anggota DPRD Kota Batu Fraksi Gerindra Heli Sulyanto.

Prosesi ritual di tempat juga dikenal Punden Watu Ganden ini dipimpin Juru Kunci Agus Susanto. Tampak Agus yang memakai busana serba hitam memulai ritual dengan membakar wewangian. Persis di bawah pohon beringin dia memanjatkan kalimat-kalimat doa dengan bahasa Jawa kuno.

Dewanti-Punjul serta seluruh jajaran pimpinan OPD Pemkot Batu yang duduk lesehan di pendapa turut memejamkan mata. Mereka khusyuk memanjatkan doa teruntuk para leluhur pendiri Kota Batu.

“Petilasan ini dipakai sebagai tempat istirahat di jaman peperangan Singosari dan Kediri. Bukti sebagai tempat istirahat adanya situs batu gamelan,” beber Agus Susanto, Juru Kunci petilasan ditemui usai prosesi ritual.(Der/Aka)