Vaksin Covid-19 Diterima, Dinkes Kota Malang Upayakan Percepat Vaksinasi

Vaksin Covid-19 tiba di Dinkes Kota Malang. (deny rahmawan)
Article top ad

MALANGVOICE – Enam box vaksin Covid-19 dengan total 10.204 dosis tiba di Kota Malang pada Senin (25/1) sekitar pukul 18.00 WIB. Seluruh vaksin Sinovac itu disimpan di ruang khusus vaksin Dinas Kesehatan Pemkot Malang.

Distribusi vaksin diantar mobil box Biofarma dengan kawalan ketat mobil polisi dan kendaraan rantis dari Brimob.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni, mengatakan, seluruh vaksin ini dimasukkan ke dalam tiga box khusus dengan treatment sesuai standar.

“Ada tiga box dan satu cadangan kami sediakan dengan rata-rata ada yang muat 3.000 sampai 3.500 vaksin. Vaksin Sinovac ini disimpan dengan suhu 2-8 derajat, kami siapkan sejak awal,” ujarnya.

Selain itu, Dinkes sudah menyiapkan jenset agar aliran listrik untuk pendingin bisa stabil sekaligus antisipasi listrik padam.

Sri Winarni mengatakan, di Kota Malang sudah mengajukan update penerima vaksin sebanyak 13.310 tenaga kesehatan. Namun, yang prioritas menjadi sasaran hanya 10.204.

“Sehingga jumlah diterima sesuai target sasaran, yakni 10.204,” lanjutnya.

Penerimaan vaksin ini mengindikasikan proses vaksinasi bisa segera dilakukan. Sri Winarni mengaku masih menyiapkan vaksinator dari puskesmas maupun RS Saiful Anwar.

“16 Puskesmas sudah ada masing-masing dua nakes. Hari ini sampai lima hari ke depan ada tambahan tiga vaksinator. Di RS saiful anwar ada 10 orang, nanti ada juga yang melakukan OJT beberapa vaksinator yang belum ikuti pelatihan,” lanjutnya.

“Soal vaksinasi sedang kita jadwalkan, pengajuan dipercepat saat ini dijadwalkan ke faskes-faskes,” katanya.

Sementara itu, pengamanan penyimpanan di ruang vaksin Dinkes Kota Malang diperketat. Kapolresta Malang Kota Konvensi Leonardus Simarmata, menerjunkan belasan personel menjaga ruangan steril selama 24 jam.

“Mulai hari ini pengamanan, personel shift 12 jam bergantian,” tegasnya.(der)