Tumbuhkan Semangat Co-working Lewat Coworkfest 2017

Foto-foto konferensi Pers Coworkfest 2017. (Anja A)

MALANGVOICE – Perkumpulan Coworking Indonesia kembali mengajak masyarakat untuk lebih kenal lagi dengan dunia coworking space dengan menggelar Coworkfest 2017, 25 dan 26 November 2017.

Selama ini masih banyak masyarakat yang masih awam dengan keberadaan coworking space. Pada praktiknya, coworking space tak hanya sekadar tempat persinggahan untuk bekerja, namun ada tiga hal penting yang ingin ditekankan yakni kolaborasi (collaboration), konektivitas (connectivity) dan komunitas (community).

Dengan bergabungnya para penggiat coworking space dalam Coworking Indonesia, mereka menjadi memiliki wadah untuk menjalin kerja sama dan bergerak dengan kekuatan kolektif untuk memajukan gerakan coworking di Indonesia. Jika semangat ini ditularkan, maka sektor ekonomi kreatif Indonesia dapat terus tumbuh berkembang.

BNN Kota Malang

“Kewirausahaan dan bisnis kecil menengah adalah tulang punggung ekonomi suatu negara, dan coworking adalah elemen penting dalam pembangunan ekosistem kewirausahaan. Visi Perkumpulan Coworking Indonesia adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui gerakan coworking” ujar Presiden Perkumpulan Coworking Indonesia, Faye Alund, Kamis, (16/11).

Dalam kegiatan ini, Coworking Indonesia menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI). BRI akan memberikan bentuk dukungan nyata seperti akses permodalan untuk pengembangan dan juga membantu kendala-kendala dari bisnis kecil menengah salah satunya adalah ijin usaha mikro kecil. Ditambah lagi dengan adanya kartu IUMK (kartu keanggotaan) yang bisa digunakan sebagai kartu debit dan tabungan.

“Untuk jadi pengusaha sukses, harus kreatif, mau belajar, mau berusaha dengan merangkul perbankan dan tidak selalu bergantung pada subsidi dari pemerintah melainkan kita bisa memberikan hasil nyata pada negara kita tercinta,” kata Kepala Bagian Bisnis Program Bank BRI, Elison F Sianturi.

Bersama BRI, Coworking Indonesia turut menggelar rangkaian kegiatan pre-event bertajuk BRIng It On yang akan digelar di 12 coworking space pilihan yang tersebar di berbagai kota mulai 11 hingga 22 November. Ke-12 coworking space tersebut adalah Coworkinc (Jakarta), Code Margonda (Depok), Clapham.co (Medan), EV.Hive (Tangerang), Kolaborato (Bogor), Kumpul (Denpasar), Ngalup (Malang), Impala Space (Semarang), C2O (Surabaya), RKB Yogyakarta (Yogyakarta), CO&CO (Bandung) dan Ke:Kini (Jakarta). Selama pre-event, setiap coworking space akan menghadirkan kegiatan diskusi dan pengenalan local hero di masing-masing kota.

Dalam hal ini, salah satu coworking space di Malang, Ngalup.co, menyambut hangat kegiatan BRIng it on. Ngalup.co akan hadir dalam pre-event Coworkfest 2017 pada Sabtu, 18 November 2017 dengan format kegiatan Discussion Panel bertema Community For Economic Development.((Der/Yei))