Tim Aburobonema Raih Juara Harapan di KRI Nasional

Tim Aburobonema. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Tim divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Polinema, Aburobonema, berhasil meraih Juara Harapan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional yang berlangsung pada tanggal 16 – 23 November 2020.

Tim Aburobonema terdiri dari lima orang mahasiswa Prodi D-III dan D-IV Teknik Elektronika di bawah bimbingan Ir. Totok Winarno, MT. Kontes robot yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional secara online ini diikuti enam tim KRI Polinema yaitu Ulil Albab (KRPAI), Robsonema (KRSBI Beroda), Aroc_PL (KRSBI Humanoid), Rotama (KRSTI), Rotarinema (KRTMI) dan Aburobonema (KRAI).

Ir. Totok Winarno, MT., menjelaskan, divisi KRAI sebelumnya tidak diselenggarakan di tingkat wilayah karena lomba internasional KRAI tidak dilaksanakan terkait pandemi. Namun divisi ini kembali diselenggarakan di KRI nasional dengan mempertemukan 31 peserta dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Aburobonema bersaing dengan tim KRAI ITS, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Jember.

“Meski tidak ada kontes KRAI wilayah, tim Aburobonema sudah mempersiapkan base mekanik dan rangkaian elektronika sebelum KRI Nasional. Persiapan tim juga sudah cukup baik dengan melakukan running test berulang kali dan simulasi di lapangan”, ujar dosen Jurusan Teknik Elektro ini.

Kendala yang dihadapi tim pada saat persiapan dan lomba adalah pengadaan bola ketepatan sudut tembak serta strategi tim dalam menyelesaikan lomba. Target Aburobonema adalah memasukan lima bola ke gawang dengan waktu secepat mungkin.

“Kami berusaha untuk mempersembahkan juara bagi Polinema. Saya dan seluruh pembimbing tim berharap, tim KRI dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional pada tahun mendatang. Mohon dukungan dari segenap civitas akademika Polinema”, tutupnya.(der)