Tiga Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Guna Tangkal Virus Penyakit

Sayur dan buah sehat penangkal virus
Sayur dan buah sehat penangkal virus (Discover Magazine)

MALANGVOICE – Musim pancaroba yang identik terjadi di awal tahun memang menjadi momen tepat untuk perkembangbiakan berbagai virus berbahaya.

Apalagi pergantian cuaca ekstrem di pagi dan siang hari dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Sehingga, tubuh berisiko terserang penyakit. Termasuk virus corona yang sedang marak diperbincangkan dunia beberapa waktu belakangan ini.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto berulang kali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sebagai penangkal berbagai penyakit termasuk virus flu tersebut.

BNN Kota Malang

Nah, menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan seseorang untuk mencegah penularan coronavirus/2019-nCoV. Berikut MVoice merangkum beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Daging Salmon

Salmon diketahui kaya protein yang dikemas dengan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan adalah respons normal tubuh terhadap jaringan yang terluka. Tapi terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, ikan ini juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik. Dan ikan ini juga menyediakan selenium, antioksidan yang memengaruhi respons imun, vitamin D, dan vitamin B-12 yang membantu menghasilkan senyawa yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

2. Buah Jeruk

Ketika orang setelah mengalami gejala batuk, demam atau flu biasanya langsung mengonsumsi vitamin C. Alasannya, yakni karena vitamin C dinilai mampu membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menangkal infeksi.

3. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu masakan yang dinilai memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh. Biasanya, isian dari masakan ini terdiri dari sayur-sayuran seperti wortel, tomat, dan brokoli yang memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nikmati dalam keadaan hangat, menu makanan ini juga dapat mengembalikan energi tubuh setelah seharian disibukkan dengan padatnya aktivitas.

Mengonsumsi sayur sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, jadi pastikan kamu tidaj melewatkannya ya.(Der/Aka)