Siap Siaga Bencana, BPBD Kota Malang Latih Para Relawan Kelurahan

Istimewa

MALANGVOICE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang kini sedang serius dalam membentuk relawan kelurahan tangguh untuk melatih kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Para relawan bencana yang tersebar di 57 kelurahan diberikan berbagai pelatihan, termasuk salah satunya “water rescue” yang digelar di Sumber Taman, Gondanglegi, Kabupaten Malang, pada Sabtu (13/7).

BNN Kota Malang

Plt Kepala BPBD Kota Malang, Handi Priyanto, mengatakan, pelatihan water rescue dilakukan agar para relawan bisa siap dan siaga ketika terjadi bencana alam yang melanda. Data BPBD Kota Malang menyebut, banjir dan kebakaran merupakan bencana yang kerap terjadi selama ini.

“Bencana terbanyak di Kota Malang itu banjir dan kebakaran, jadi kita latih para relawan dengan berbagai pelatihan termasuk water rescue ini,” kata Handi Priyanto kepada MVoice.

Dijelaskan, selain dilatih dengan kemampuan water rescue, para relawan juga mendapat materi tentang pelatihan bencana kebakaran hingga pelatihan dapur umum.

“Sekalian kita juga mengenalkan pelatihan penyelamatan dalam air atau scuba divig,” tandasnya.

BPBD berharap, dengan adanya pelatihan ini, para relawan bisa siap siaga dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Malang serta bisa membantu masyarakat yang terkena bencana. (Hmz/Ulm)