Selain Basah-basahan di Hawai Water Park Bisa Tambah Wawasan di Museum Budaya

Owner Hawai Water Park, Yogie Kurniawan (Baju putih), saat didampingi Tim kurator Museum Budaya Hawai Water Park Cyntia Handy. (Toski D).

MALANGVOICE – Hawai Water Park bakal menyuguhkan wisata baru selain air. Dalam waktu dekat akan ada Museum Budaya.

Owner Hawai Water Park, Yogie Kurniawan mengatakan, rencananya museum ini akan dilaunching pada awal bulan Juni mendatang. Lokasinya Memanfaatkan gedung di depan Hawai Water Park.

“Akan kami melaunching Juni nanti, sembari menyambut liburan hari raya. Dengan adanya Museum Budaya ini diharapkan para pengunjung selain berwisata juga bisa menambah wawasan,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Museum yang dbangun dua lantai dengan luas mencapai 3.400 meter persegi ini, lanjut Yogie, dalamnya ada koleksi wayang kulit, topeng, wayang potehi dan beragam benda sejarah lainnya.

“Di dalam museum budaya ini terdapat 1.000 koleksi topeng dari wilayah Malang Raya, Cirebon, dan beberapa daerah lain. Untuk wayang kulit banyak karakter Punokawan,” pungkasnya.

Sementara itu, Tim kurator Museum Budaya Hawai Water Park, Cyntia Handy mengatakan, pembuatan museum ini berdasarkan dengan UU nomor 5 tahun 2017 tentang pengembangan dan pemajuan budaya.

“Dengan Museum ini kami ingin memajukan dan mengembangkan budaya nusantara khususnya Malang Raya,” ucapnya.

Cyntia menjelaskan, dalam koleksi museum itu menceritakan beragam budaya yang ada. Mulai masa kerajaan Singhasari, Kediri, dan Mojopahit. Bahkan juga menceritakan tentang cerita Panji, yang diekspresikan mulai dari topeng, wayang kulit, wayang golek, wayang titi dan sebagainya.

“Tapi saat ini memang belum lengkap. Karena memang belum dilaunching. Jadi tunggu saja, kami akan menyajikan museum budaya yang lain dari pada yang lain,” pungkasnya.(Der/Aka)