06 February 2023
06 February 2023
21 C
Malang
ad space

PWI Malang Raya Sewakan Rumah Bagi 20 KK Korban APG Gunung Semeru

MALANGVOICE – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya kali keenam menyalurkan bantuan untuk korban Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, Sabtu (15/1).

Melalui Jurnalis Siaga Bencana (JSB) PWI Malang Raya donasi para donatur dirupakan 1 ton beras, dan peralatan sekolah, serta dua kuintal gula pasir yang dibeli dari Pabrik Gula (PG) Krebet.

Tidak hanya itu, JSB PWI Malang Raya juga menyewakan rumah bagi 20 Kepala Keluarga (KK) pengungsi yang terdampak APG Gunung Semeru.

Bantuan-bantuan tersebut berasal dari para dermawan seperti Sumatera, Bali, Bandung, Bogor, dan berbagai daerah lain, termasuk Malang Raya.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, penyaluran bantuan yang keenam ini juga menyewakan lima rumah yang untuk mengungsi para korban APG Gunung Semeru.

“Rumah itu akan digunakan para pengungsi sembari menunggu Hunian Sementara (huntara) dari pemerintah selesai. Ada 20 KK yang kami sewakan lima rumah,” ucap Cahyono kepada Mvoice, Sabtu (15/1).

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, saat menyerahkan bantuan uang untuk kontrak rumah. (Mvoice/Toski D).

Cahyono menjelaskan, 20 KK tersebut merupakan warga dusun Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro, dan beberapa warga desa Oro-oro Ombo, serta warga dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

“Tiga daerah itu memang daerah terdampak APG Gunung Semeru. Mereka selama ini tinggal di saudaranya dan merasa segan jika terus tinggal di rumah saudaranya,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat dusun Kebonan, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Silwani mengatakan, bantuan yang disalurkan JSB PWI Malang Raya ini dirasakan kurang lebih 500 warga yang terdampak APG Gunung Semeru.

“Teman-teman JSB PWI ini sudah empat kali ini telah menyalurkan bantuan. Alhamdulillah apa yang diberikan melalui JSB PWI Malang Raya sesuai dengan kebutuhan para korban APG,” jelasnya.

Silwani mewakili korban APG menyatakan terima kasih dengan saluran dana para donator ini berupa sembako, alat sekolah serta disewakan rumah.

“Alhamdulillah para pengungsi disewakan rumah. Terima kasih teman-teman Wartawan ini bisa menjembatani kebutuhan para pengungsi,” ucapnya.(end)

Berita Terkini

Arikel Terkait