Polinema Sepakati MoU dengan ISPSC Filipina

Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, M.MT., MM tanda tangani MoU secara virtual. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Politeknik Negeri Malang melaksanakan tanda tangan MoU dengan Ilocos Sur Polytechnic State College (ISPSC) Filipina pada Kamis (12/11). Bertempat di Ruang Rapim Gedung AA Polinema, acara penandatanganan MoU dilaksanakan secara online.

MoU ditandangani oleh Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, M.MT., MM dan SUC President, Dr. Gilbert R. Arce.

ISPSC adalah institusi pendidikan tinggi enam kampus komprehensif yang menyediakan pelatihan profesional dan teknis di tingkat sarjana dan pascasarjana pada bidang ekonomi, pertanian, perikanan, perdagangan, industri rumah tangga, teknik, pendidikan, penelitian dan konservasi hutan, manajemen, keuangan, akuntansi dan administrasi bisnis, dan administrasi publik.  Kampus utama ISPSC berada di Santa Maria, Ilocos Sur.

MoU ini meliputi kerjasama bidang promosi dan pelaksanaan penelitian bersama dan kegiatan penyuluhan; pertukaran mahasiswa sarjana dan pascasarjana; pertukaran anggota fakultas dan staf administrasi; pertukaran hasil penelitian, publikasi akademis, dan informasi akademis; dan program pertukaran akademik dan pendidikan.

Ketua KUI mengatakan pendatanganan MoU ini akan ditindaklanjuti dengan zoom meeting untuk membahas kegiatan atau program yang bisa dikolaborasikan oleh Polinema dan ISPSC.

“Ada beberapa program studi yang match di Polinema dan ISPSC yaitu IT, Prodi Bahasa Inggris yang berkaitan dengan hospitality and tourism. Kemungkinan juga akan ada kolaborasi pertukaran mahasiswa untuk program credit transfer dan public lecture bagi para dosen secara online,” ujarnya.

Hilda Cahyani, SS., M.Pd.,PhD menambahkan kerjasama ini dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa karena mendukung kebijakan kampus merdeka. Dengan adanya partner yang ada di Asia yang memiliki latar belakang karakteristik dan budaya yang sama, diharapkan pertukaran mahasiswa pada program credit transfer dapat terlaksana dengan lancar. Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar di kampus luar negeri selama satu semester.

“Polinema dalam waktu dekat juga akan bekerjasama dengan University College Of Yayasan Pahang (UCYP) dengan mengirimkan mahasiswa kelas internasional untuk program credit transfer pada Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administasi Niaga. Berbeda dengan mahasiswa reguler, mahasiswa kelas internasional mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri meskipun saat ini pelaksanaan perkuliahan secara online,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut, dari Polinema: Pembantu Direktur I Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT.; Staf Ahli Bidang IV Drs. Ir. Abdullah Helmy, M.Pd.,Ph.D.; Staf Ahli Bidang I Ardian Wahyu Setiawan,SS.,Med.,Ed.D.; Kepala Kantor Urusan Internasional Hilda Cahyani, SS., M.Pd.,PhD.; Kepala UPT Humas Dr. Nur Salam, M.Pd., dan Sekretaris KUI Isnaini Nur Safitri, S.Pd.,M.Pd., dan dari ISPSC Filipina: Vice President for Academic Affairs Dr. Apolo Francisco; Vice President for Information Research and Extension Dr. Gloria Tuzon; Vice President for Administration and Finance Dr. Corazon Quitevis; Internationalization Officer Dr. Annabelle Francisco.(der)