Gaji PNS Kota Malang Telat

Oala, Ribuan PNS di Kota Malang Belum Terima Gaji

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji. (Muhammad Choirul)
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Malang belum menerima gaji bulan Januari 2017. Sampai Selasa (3/1), dari total PNS sekitar 9.700 orang, belum ada satu pun yang gajinya terbayar.

Wakil Wali Kota, Sutiaji, membenarkan hal ini. “Atas nama Pemkot Malang, kami mohon maaf karena sampai tanggal 3, belum gajian. Saya sendiri juga belum terima gaji,” ungkapnya.

Biasanya, lanjut Sutiaji, gaji setiap PNS selalu terbayar per tanggal 1. Namun, ada sejumlah faktor yang membuat pembayaran gaji kali ini harus molor.

“Uangnya ada, tapi karena ada SOTK (Struktur Organisasi Tata Kerja) baru, jadi harus mengangkat bendahara baru. Ini yang belum dilakukan,” imbuh mantan anggota DPRD Kota Malang itu.

Sutiaji menyebut, sampai hari ini sudah ada delapan PNS menghubunginya terkait gaji. Karena itu, dia menegaskan, molornya pembayaran gaji murni karena adanya kendala.

“Ada delapan SMS masuk ke saya, mereka bilanh kalau istrinya mulai khawatir yang enggak-enggak. Jadi, perlu saya sampaikan, memang resmi belum terbayar,” tegasnya

Sementara itu, salah seorang PNS di balai kota, Erik Maulana, mengaku tidak terlalu resah dengan terlambatnya gaji. Dia bisa memahami kendala yang terjadi saat ini.

“Kalau saya tidak mempermasalahkan, Alhamdulillah masih ada tabungan dari bulan sebelumnya,” paparnya.