Kota Malang Bakal Punya Monorel?

Monorel Diproyeksi Sasar Wilayah Kampus

Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)
Wali Kota Malang, HM Anton. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, mengatakan, wilayah kampus jadi sasaran lintas monorel. Kendati demikian, hal itu merupakan rencana jangka panjang dan baru bisa dikerjakan setelah pembangunan tahap awal terwujud.

“Nanti setelah pengerjaan DED (Detail Engineering Desain) selesai, ada pembicaraan lanjutan dengan investor, akan kami sampaikan pada publik,” imbuhnya.

Suami Hj Dewi Farida Suryani itu memastikan, akademisi terlibat dalam proyek ini. “Kami juga butuh saran dari masyarakat dan akademisi. Bahkan sinyal baik akademisi sangat mendukung. Kalau bisa sebelum Tol Malang-Pandaan terwujud, sudah ada pemecahan masalah kemacetan dalam kota,” paparnya.

Rencananya, pengerjaan tahap awal dilakukan sepanjang 5 km berawal dari Stasiun Kota Baru Malang. Jika sudah rampung, lanjut Anton, baru dipikirkan pengerjaan lanjutan hingga melebar ke wilayah luar kota.

“Yang penting terwujud dulu. Nanti kalau di Kota Malang sudah bagus baru bangun sambungannya ke Batu dan Kabupaten Malang, juga Pandaan. Nanti juga melintasi kawasan kampus seperti ITN dan UB. Mudah-mudahan bisa terwujud,” pungkasnya.