Menuju Kabupaten Malang Pintar, Command Center Diluncurkan

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang Resmi melauncing ruang Command Center di lantai sembilan gedung perkantoran Pendopo Kabupaten Malang, Kepanjen, Rabu (28/2).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang Drs.Nazarudin Hasan, menyampaikan, Command Center ini bertujuan untuk menerima pengaduan dan keluhan Masyarakat terkait layanan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan sebagainya yang nantinya akan terintegrasi dengan jajaran Pemkab Malang.

Bupati Malang, Rendra Kresna Saat acara Launching Command Center. (Toski)

“Di era digital sekarang ini IT untuk Smart Regency diharapkan bakal menjadi Kabupaten Malang Pinter. Masyarakat diharap bisa memanfaatkannya,” ucap Nazar, Rabu (28/2).

BNN Kota Malang

Menurut Nazar, Command Centre adalah sebuah lokasi yang lengkap dengan infrastruktur yang diperlukan untuk melakukan meeting, mengambil keputusan, menugaskan, mengkoordinasi, memonitor dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap setiap peristiwa di wilayah Kabupaten Malang.

“Hingga saat ini ada 6 OPD yang mengintegrasikan data dengan Command Center Kabupaten Malang,” ujar Nazar.

Nantinya, segala pengaduan masyarakat yang masuk ke Command Center akan ditindaklanjuti pada OPD terkait. Tentunya, akan dianalisis terlebih dahulu kebenaran pengaduan tersebut.

“Dari pengaduan di Command Center tersebut bisa menjadi pertimbangan Bupati Malang dalam mengeluarkan kebijakan sesuai kewenangannya,” jelas Nazar.

Sementara itu, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna, mengungkapkan, Command Center ini untuk mewujudkan cita-cita kabupaten sebagai Smart Regency atau Kabupaten Pintar.

“Command Center ini merupakan sebuah inovasi baru dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan urusan pemerintahan, pelayanan publik, dan pembangunan di daerah,” pungkas Rendra.(Der/Aka)