Menarik, Salma Gambarkan Jokowi Bawa Jaring Tangkap Teroris

Salma menunjukkan karya karikaturnya yang masuk 20 besar. (Anja Arowana)

MALANGVOICE – Salah satu siswa yang menjadi finalis dalam Lomba Karikatur Katakan Tidak Pada Teroris, Universitas Merdeka (Unmer) Malang, adalah Salma Aufadina.

Salma mewakili sekolahnya, SMK Telkom Malang. Salma terpilih menjadi finalis karena karikaturnya mengekspresikan fenomena terorisme secara menggelitik. Salma menggambarkan Presiden RI, Joko Widodo, sedang membawa jaring menangkap karakter-karakter kartun memakai pakaian dan tutup wajah hitam. Karakter itu menggambarkan teroris di Indonesia.

Ide itu Salma dapatkan dari membaca berita-berita terorisme di media online. Dari situlah Salma menemukan satu berita yang mengutip perkataan Joko Widodo, ‘Tidak Ada Ruang Untuk Teroris!’. Meski dadakan, ternyata Salma mampu mengerjakan karikatur sesuai deadline.

BNN Kota Malang

“Makanya saya gambar Jokowi bawa Jaring,” tukas dia.

Salma mengatakan, kedua orangtuanya mendukung dirinya mengikuti lomba karikatur. Apalagi Salma memang sudah hobi menggambar sejak sekolah dasar.

“Saya memang hobi menggambar dan desain,” kata siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ini.

Soal terorisme yang semakin menjamur, Salma mengaku tidak takut dengan terorisme. Namun Salma tetap berharap pemerintah serius menjaga keamanan daerah dan memberantas tuntas terorisme.


Reporter: Anja Arowana
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti