Mau Hemat Bensin, Ini Dia Caranya!

hemat bensin. (theantdaily.com)

MALANGVOICE – Uang gaji cepat habis hanya untuk ongkos bensin kendaraan? Jangan bingung, karena ada tips untuk hemat bensin. Bagi kita yang menggunakan motor atau mobil untuk transportasi sehari-hari, mari simak tips sederhana tapi efisien berikut:

1. Panasi mesin.
Panasi mesin kendaraan dulu. Jangan asal keluar garasi lalu langsung kebut. Jika kita memiliki banyak tempat tujuan, kunjungi tempat terjauh dahulu, lalu waktu kunjungi tempat-tempat berikutnya yang lebih dekat sekalian pulang karena kondisi mesin masih panas.

2. Buka jendela mobil.
Buka jendela mobil hanya saat kita tidak di jalan raya. Jika sudah di jalan tol atau kecepatan sudah memasuki 40 mph atau lebih, nyalakan AC dan tutup jendela.

3.Kosongkan bagasi mobil.
Kita tidak usah membawa apapun barang yang tidak penting dalam mobil. Kosongkan saja bagasi mobil/motor. Lebih ringan, lebih ngirit bensin

4.Hindari kemacetan
Berkendara jauh tapi cepat ternyata lebih hemat bensin daripada pelan merangkak terjebak kemacetan panjang. Berangkat lebih pagi.

5. Tune-Up mesin.
Jangan lupa untuk rajin tune-up di tempat service. Mesin yang mulus dan berjalan lancar akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Jangan nunggu mogok baru diservice. Jadwalkan service rutin kendaraan kita.-