Mahasiswa UB Desak Setnov Tahu Diri dan Mundur dari Ketua DPR RI

Mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam aliansi anti korupsi menggelar aksi. Mereka mendesak Setya Novanto mundur dari Ketua DPR RI.(ist)
Mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam aliansi anti korupsi menggelar aksi. Mereka mendesak Setya Novanto mundur dari Ketua DPR RI.(ist)

MALANGVOICE – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang yang tergabung dalam aliansi anti korupsi mendesak Setya Novanto, melepas jabatannya sebagai Ketua DPR RI.

Aliansi anti korupsi menggelar aksi di Jalan Veteran. Setelah sebelumnya melakukan long march dari dalam kampus, Senin (2/10).

Selain itu, teatrikal yang berkisah Setnov lolos dari jerat hukum pun dipertunjukkan. Mulai Ketua Umum Partai Golkar ini dirawat di rumah sakit hingga menangi praperadilan.

BNN Kota Malang

“Kami menuntut Setnov mundur dari Ketua DPR,” Kata Presisen EM UB, Ahmad Khoirudin, Senin (2/10).

Secara bergiliran mahasiswa dari masing-masing perwakilan lembaga menyampaikan orasinya. Tuntutannya sama, meminta Setnov agar tahu diri dan malu.

“Pimpinan DPR tidak pantas diisi koruptur. Setnov harus mundur, ini preseden buruk bagi Indonesia. Hukum justru berpihak ke koruptor,” jelas salah seorang mahasiswa yang menyampaikan orasinya.

Mereka pun membacakan pernyataan yang meliputi:

1. Menuntut Setya Novanto mundur dari jabatannya sebagai ketua DPR RI

2. Mendukung penuh segala upaya proses penegakan hukum terhadap Setya Novanto

3. Menolak dengan tegas segala bentuk upaya pelemahan KPK dalam rangka pemberantasan korupsi di Indonesia.

Aksi sendiri diikuti 130 orang dari berbagai gabungan mahasiswa anti korupsi UB.(Der/Ak)