Legislatif Dorong Percepat Serapan Dana Desa

Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. (Aziz Ramadani)
Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo. (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – DPRD Kota Batu cukup prihatin masih ada desa di Kota Batu belum memaksimalkan serapan Dana Desa (DD). Merespon hal itu, pihak legislatif ini menerjunkan anggotanya untuk mendorong percepatan serapan DD tahun anggaran 2017 yang mencapai Rp 18,8 Miliar tersebut.

Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo mengatakan, kabar serapan DD tak maksimal sudah didengar dewan. Oleh karena itu dalam waktu dekat akan dilakukan klarifikasi dan pendampingan.

”Kami akan telusuri kembali, hal apa saja yang menjadi penyebab tidak tercapai serapan itu,” kata Cahyo ditemui MVoice beberapa waktu lalu.

BNN Kota Malang

Bahkan, lanjut Cahyo, tim sudah dibuat untuk akselerasi serapan anggaran tahun 2017, tidak hanya DD. Tim tersebut terdiri dari Komisi A, Komisi B dan Komisi C.

Baca juga: 4 Desa di Kota Batu Belum Maksimal Serap Dana Desa

”Baik Komisi B membidangi soal keuangan dan Komisi C soal pembangunan kami terjunkan,” ujarnya. Tak hanya itu pihaknya berencana juga menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) yang tujuannya untuk lebih memotivasi serapan anggaran.

”Dicari apa masalahnya, apa takut atau apa,” imbuh Politisi PDI Perjuangan ini.

Agenda ini menjadi prioritas, masih kata Cahyo, sebab telah memasuki bulan akhir pelaporan. Pihaknya akan terus memantu perkembangan serapan dan penyusunan laporan.

”Kami pantau terus agar pembangunan dan serapan berjalan baik. Penyusunan laporan juga tidak boleh ngawur agar tidak menjadi permasalahan hukum dikemudian hari,” tutup Cahyo.(Der/Aka)