Kunci Sukses Master of Ceremony Ruwiyanto : Disiplin Jaga Kualitas Suara

Ruwiyanto, S. Kom. (istimewa)
Ruwiyanto, S. Kom. (istimewa)

MALANGVOICE – Seorang pemandu acara harus memiliki wawasan luas, serta mampu membuat rangkaian acara dengan baik. Supaya apa yang disampaikan bisa membuat suasana sesuai keinginan. Selain itu pemandu acara juga harus memiliki karakter serta mental yang baik.

Seperti halnya Ruwiyanto, S.Kom. Putra nomor tiga dari Pasangan Mujowiyono dan Sukini telah mempunyai jadwal padat memandu acara resepsi pernikahan adat Jawa di berbagai hotel dan gedung di Jawa Timur.

Bagi pria kelahiran Sukoharjo Jawa Tengah tersebut menjadi pemandu acara sudah dilakoninya sejak SMP.

BNN Kota Malang

“Waktu SMP saya sering memandu acara dengan menggunakan bahasa Indonesia,” ujar akrab disapa Ruwi ini.

Semasa sekolah, Ruwi juga aktif mengikuti beragam kegiatan ekstrakurikuler. Aktif di organisasi, mewajibkan Ruwi untuk selalu tampil prima dan harus pandai merangkai kosakata dengan baik sebagai bahan berbicara atau pidato di muka umum.

“Kebetulan saya aktif pada kegiatan ekstra kurikuler yang di selenggarakan sekolah, baik menari maupun Pramuka bahkan waktu SMK saya pernah juga mendapat amanah sebagai Ketua OSIS,” kata alumnus SMK Tamansiswa Sukoharjo tersebut kepada MVoice, Senin (10/2).

Ruwiyanto, S. Kom. (istimewa)
Ruwiyanto, S. Kom. (istimewa)

Kepiawaiannya memandu acara dalam bahasa Jawa bermula memandu acara grup musik campursari di Solo. Namun, diakuinya bermula dari sebuah insiden tak terduga.

“Waktu itu saya memandu acara campursari, kebetulan MC mantennya berhalangan hadir, terpaksa harus memandu acara temu manten atas permintaan yang mempunyai hajat,” kenangnya.

“Alhamdulillah, waktu itu acaranya berjalan dengan baik dan lancar,” imbuhnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Ruwi memutuskan mengasah kemampuan dan memperbanyak kosakata bahasa Jawa kuno. Bahkan belajar kepada ahli bahasa Jawa serta para seniman pedalangan yang berada di Surakarta.

“Setiap akan tampil memandu acara juga memperhatikan kualitas suara supaya bagus dan enak didengar, yaitu rajin mengunyah kencur dan madu setiap pagi harinya,” beber pria yang berdomisili di Jalan Satria RT7/RW 1 Balearjosari Blimbing Malang ini.

Olah kemampuan dalam bahasa Jawa halus yang bagus membawa hoki buat Ruwi. Sebab Sarjana Komputer teknik informatika dari STT Stikma Internasional Malang ini, sekarang telah menjadi MC langganan pejabat serta para pengusaha yang punya hajat mantu di Jawa Timur untuk memandu acara resepsi pernikahan dan temu manten dengan adat Jawa.

Pada tahun ini, Ruwi juga mendapatkan kepercayaan sebagai pemateri pada Diklat MC Pengantin Jawa yang di gelar RRI Malang. Untuk informasi pendaftarannya bisa langsung datang ke LPU RRI Malang Jalan Candi Panggung 58 Malang , Telpon (0341) 476633 atau bisa juga melalui WA di nomor 0821 3967 9144.

“Ilmu harus dibagikan, supaya banyak orang yang turut peduli dan melestarikan budaya Jawa yang adi luhung,” pungkasnya.(Hmz/Aka/Adv)