Kota Malang Punya Papan Nama Jalan Unik, Paduan Desain Tugu dan Eropa

MALANGVOICE – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang terus melakukan inovasi di bidang lalu lintas jalan. Salah satu program terbaru, mengganti tiang dan papan nama jalan di 16 ruas jalan, dengan jumlah 32 tiang baru

Uniknya, tiang papan nama jalan yang baru ini didesain unik memadukan model Tugu Balai Kota Malang dan tiang model Eropa zaman dahulu. Tak hanya itu, nama jalan nama tempo dulu juga dicantumkan.

Kepala Dishub, Handi Priyanto, mengatakan, tiang yang diganti saat ini berada di jalan utama, seperti Jalan Ijen, Jalan Basuki Rahmat, dan sebagainya. “Karena keterbatasan anggaran kita programkan 31 tiang jalan dahulu,” kata Handi, Selasa (29/9) sore.

BNN Kota Malang

Handi menjelaskan, ide awal pemasangan tiang jalan saat dia berkunjung ke Yogyakarta dan Bandung. Di sana Handi melihat kondisi tiang sangat bagus dan represenatif. Lalu ide memperbaiki tiang nama jalan di Kota Malang yang sudah buram dan rusak terbesit

“Sekarang ini kondisi taman di Kota Malang sudah indah, pedestrian jalan sudah bagus, alangkah cantiknya bila nama jalan diperbarui, karena sudah bertahun-tahun tidak pernah disentuh,” beber dia.

Masyarakat Kota Malang, lanjut Handi, juga dimintai pendapat tentang model tiang, karena jika hanya berbentuk tiang lurus maka tidak ada nilai estetikanya.

“Ide akhirnya mengerucut pada desain Tugu Balai Kota Malang,” tandasnya.

Proses pemasangan tiang, saat ini tengah dilakukan di 16 ruas jalan utama seperti Jalan Ijen, dan sebagainya. “Tahun ini kita pasang 32 tiang dulu karena anggarannya kurang,” imbuhnya.

Dishub berharap, agar pemasangan tiang dan papan nama jalan ini tidak hanya pada jalan yang memiliki nama tempo dulu, melainkan semua jalan yang ada di Kota Malang.