Kota Batu Mulai Vaksinasi pada 28 Januari

Alokasi Vaksin di Puskesmas Batu (Aan)
Article top ad

MALANGVOICE – Alokasi vaksin Kota Batu sampai di Gudang Puskesmas Batu, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Senin (25/01). Sebanyak 1.280 vaksin diterima oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu.

Pada tahap pertama ini 630 nakes dan 10 Forkopimda Kota Batu yang diprioritaskan untuk lakikan vaksinasi. Satu orang harus divaksin dua kali agar mendapat antibody yang diinginkan. Maka dari itu hanya 640 saja orang yang divaksin pada tahap pertama ini.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu dr Susan Indahwati mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi dimulai pada hari Kamis (28/01). Pelaksana vaksinasi ini dari Puskesmas Batu dibantu tenaga spesialis penyakit dalam dan emergency dari RSU Karsa Husada Kota Batu.

“Pelaksanaan itu diikuti serentak di 4 puskesmas lain dan RS Baptis di hari yang sama dengan yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota,” jelasnya.

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan di 9 faskes yang ditunjuk sebagai pelaksana vaksinasi covid-19. Dengan sasaran nakes prioritas, seperti petugas ICU, petugas ruang isolasi, petugas ruang pinere, petugas IGD, petugas shelter, dan petugas tracing.

“Vaksinasi ini dilakukan dua kali yang kedua ini sebagau booster untuk peningkatan antibody terhadap virus covid-19, untuk yang kedua dilakukan 14 hari setelah vaksinasi yang pertama,” imbuhnya.

Dinkes Kota Batu berharap dalam minggu depan vaksinasi tahap pertama suntikan pertama di Kota Batu selesai dilksanakan.(der)