Kota Batu Dipermak, Optimis Raih Piala Adipura 2019

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq (Foto: Ayun/MVoice).

MALANGVOICE – Sukses meraih dua kali sertifikat adipura tahun 2018. Pemerintah Kota (Pemkot) Batu optimis meraih Piala Adipura di tahun 2019.

Beragam persiapan dilakukan untuk mendapatkan piala penghargaan kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan itu.

“Kita sudah siapakan segalanya dan kami optimis,” ujar Arief As Sidiq, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu. “Apalagi, tahun 2018 lalu Kota Batu sukses meraih sertifikat Adipura untuk kedua kalinya,” sambungnya.

BNN Kota Malang

Oleh sebab itu, pihaknya saat ini getol dan mengebut penyempurnaan beragam fasilitas dengan maksimal. Dia moncontohkan seperti penambahan fasilitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kota Batu.

“Untuk penambahan fasilitas di TPA Tlekung itu kami sudah lakukan pengadaan mesin insenerator senilai Rp 5 miliar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Arief mencontohkan seperti adanya jembatan timbang yang dibuatnya dengan nilai Rp 300 juta. Kemudian juga adanya pembangunan tempat pencucian truk sampah.

“Kita juga lakukan penambahan veritical garden. Dan semuanya juga sudah terpasang di beberapa titik,” ucapnya.

“TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu, red) di setiap RW juga kita bangun. Sampai saat ini, sudah ada empat TPST,” imbuhnya.

Disebutkannya, empat TPST tersebut ada di Kelurahan Dadaprejo, Kelurahan Temas, Desa Tulungrejo, dan Desa Pandanrejo. Meski begitu, Arief menyebutkan pihaknya menargetkan akan ada 11 TPST untuk dibangun tahun ini.

“Sisanya, yaitu 7 TPST ini. Kami targetkan tahun ini dibangun dan akan masuk dalam paket lelang,” tutupnya.(Der/Aka)