Kongres Luar Biasa Askab PSSI Kabupaten Malang Terpaksa Ditunda

proses pembubaran KLB Askab PSSI Kabupaten Malang. (Toski D)
Article top ad

MALANGVOICE – Kongres Luar Biasa (KLB) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Malang pada Kamis (14/1) terpaksa ditunda.

KLB yang diagendakan akan dibuka oleh Bupati Malang, HM Sanusi sekitar pukul 09.00 WIB tersebut, bertujuan untuk pemilihan ketua, wakil ketua dan komite eksekutif PSSI Kabupaten Malang.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Firmando H Matondang mengatakan, penundaan KLB tersebut dilakukan karena saat ini Malang Raya masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Penundaan ini tentunya pasti ada kekecewaan baik dari perwakilan PSSI Provinsi maupun peserta lainya. Tapi semua kami lakukan semata-mata demi kebaikan bersama dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkapnya, saat ditemui awak media, Kamis (14/1).

Selain itu, lanjut Firmando, pelaksanaan KLB ini diduga belum mendapatkan izin tertulis yang lengkap, baik dari Gugus Tugas Covid-19 ataupun Polresta Malang Kota.

“Sebenarnya tidak ada masalah, panitia KLB ini memang sudah bersurat ke kami (Satpol-PP) Pemkab Malang untuk pengamanan pelaksanaan kongres PSSI Kabupaten Malang,” jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Firmando, karena padatnya kegiatan Satpol-PP Pemkab Malang, maka baru hari ini (Kamis 14/1) dirinya memberikan balasan jika Satpol-PP tidak dapat memenuhi permintaan mereka, lantaran Pendopo Agung Kabupaten Malang ini lokasinya berada di wilayah Hukum Polresta Malang.

“Karena ini (Pendopo Agung) ikut wilayah hukum Polresta, maka harus ada izin tertulis dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Malang maupun pihak Polresta Malang,” terangnya.

Untuk itu, tambah Firmando, dirinya berharap nantinya kegiatan KLB Askab PSSI Kabupaten Malang dilengkapi surat perizinan, apalagi saat sedang ada PPKM.

“Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2021, dan surat keputusan Gubernur tentang PPKM, tentunya seluruh kegiatan masyarakat harus izin Gugus Tugas Covid-19,” tandasnya.

Sebagai informasi, KLB Askab PSSI Kabupaten Malang kemungkinan besar akan digelar usai PPKM berakhir. Keputusan tersebut didapat dari hasil rapat internal yang digelar Asprov PSSI Jatim setelah mendapat surat penundaan dari Satpol PP.(der)