Jalan-jalan Incipi Sederet Kuliner Legenda di Solo

Surabi Notosuman. (Istimewa)
Surabi Notosuman. (Istimewa)

MALANGVOICE – Berkunjung ke Solo pasti merasakan suasana berbeda dan menyenangkan. Selain pusat budaya dan keindahan alamnya, Anda akan terpikat dengan keramahan warga dan kuliner lezat menggoda selera.

Di Solo banyak sekali makanan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Nah, seperti apa wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Solo, ini dia tempat rekomendasinya.

Serabi Notosuman
Serabi Notosuman merupakan satu kuliner yang wajib Anda coba selama berada di Solo. Kuliner melegenda ini dapat Anda temukan di Jalan Mohammad Yamin Nomor 28, Surakarta, Jawa Tengah. Didirikan sejak 1923, Serabi Notosuman telah memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa kota, termasuk Yogyakarta. Serabi Notosuman menawarkan dua variasi rasa, yakni original dan cokelat.

BNN Kota Malang

Tengkleng Klewer Bu Edi
Dulu, tengkleng identik dengan makanan kelas menengah ke bawah. Maklum saja tengkleng dibuat dari tulang dan sedikit daging. Namun di masa kini, tengkleng justru menjadi makanan favorit dari berbagai macam kalangan. Sajian ini biasa ditemukan di Pasar Klewer.

Sate Kere Yu Rebi
Warung sate yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Sate Kere Yu Rebi merupakan makanan yang terbuat dari campuran jeroan sapi dan tempe gambus. Serupa dengan sate pada umumnya, sate kere menggunakan bumbu kacang yang ditambahkan sedikit kecap. Rasanya legit, enak, dan nikmat.

Nasi Pecel dan Sambal Tumpang Bu Kis
Nasi pecel legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1951 terletak di belakang kantor Pengadilan Negeri Solo di Jalan Gleges, Priyobadan, Surakarta, Jawa Tengah. Meskipun tampak sama dengan pecel lainnya, bumbu pecel Bu Kris memiliki cita rasa yang legit dan gurih. Sangat lezat ketika dipadukan dengan nasi dan sayuran.

Soto Gading
Soto Gading merupakan soto ayam paling terkenal di Solo. Warung soto yang berada di Jalan Brigjen Sudiarto nomor 75 ini telah berdiri sejak 1974. Selama puluhan tahun berdiri, sudah banyak pejabat negara yang pernah menikmati solo di warung sederhana ini.

Berbeda dari soto ayam lainnya, soto gading ini memiliki kuah bening yang agak kental. Rasanya gurih kerena terbuat dari kaldu. Untuk menambah cira rasa, tersedia makanan pelengkap, seperti jeroan, tempe, tahu empal, dan lain-lain.

Itulah sejumlah tempat wisata kuliner di Solo yang tak boleh Anda lewatkan selama berlibur di Solo. Agar liburan Anda lebih istimewa, jangan ragu untuk memesan tiket pesawat ke Solo dan dapatkan tiket pesawat Batik Air termurah dengan fasilitas penuh.

Nikmati kemudahan booking tiket pesawat di seluruh Indonesia, kartu kredit, dan transfer bank. Ayo, rancang liburan bersama Airy!(Der/Aka)