Inovatif! Buah Tidak Cepat Busuk Hanya dengan Stiker Mungil Ini

Stixfresh adalah stiker memperlambat pembusukan buah. (Mashable)

MALANGVOICE – Bagi Anda pecinta buah-buahan ataupun pedagang buah, menyimpan buah agar tak cepat busuk menjadi tantangan tersendiri. Anda perlu tahu, bahwa sebuah perusahaan di Malaysia nernama Stixfresh menciptakan sebuah stiker yang bisa mencegah pembusukan buah. Bahkan buah bisa bertahan segar hingga 14 hari lebih lama.

Menurut informasi yang dilansir dari laman Mashable, Selasa (18/12) caranya hanya dengan menempelkan stiker kecil pada kulit buah. Buah seperti apel, pisang, alpukat dan berbagai jenis jeruk sudah diuji cobakan diaplikasikan stiker ini.

Bukan hanya segar lebih lama, ternyata stiker ini mampu membuat buah tetap manis, berair, dab daging buah matang. Hal ini bisa terjadi karena stiker ini mengandung lilin lebah dan natrium klorida.

BNN Kota Malang

Ternyata dua zat ini dilaporkan mengurangi proses pematangan dengan menghalangi Ethylene, hormon pematangan yang ditemukan dalam buah-buahan. Proses ini juga mencegah jamur berkembang pada buah-buahan.

Saat ini, stiker Stixfresh hanya tersedia di Malaysia dan Amerika Serikat. Dalam waktu dekat, Stixfresh akan memasarkan stiker ini ke seluruh wilayah Asia.(Hmz/Aka)