Ini Kronologis Bentrokan Mahasiswa Unikama

Bentrokan Mahasiswa Unikama

Suasana di Kampus Unikama, Malang. (Toski D)
Suasana di Kampus Unikama, Malang. (Toski D)

MALANGVOICE – Puluhan Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terlibat tawuran. Bentrok diduga dipicu perselisihan pemilihan Presiden Mahasiswa (Presma), Sabtu (11/1).

Para mahasiswa yang terlibat dalam bentrokan ini diketahui ada dua kelompok pendukung calon terpilih nomor urut 1, pasangan Iyan dan Geran, dan pendukung calon nomor urut 3 pasangan Kenny dan Revi.

Bentrokan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB ketika dua kubu mahasiswa yang berada di halaman kampus bersitegang dengan mahasiswa yang berada di dalam kampus. Mereka sempat saling lempar batu di depan halaman kampus.

BNN Kota Malang

“Kejadian ini sudah tadi siang. Pertama di dalam kampus kemudian lanjut di halaman kampus,” ucap seorang mahasiswa yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Bentrokan ini terjadi diduga karena adanya ketidakpuasan pendukung pasangan calon nomor urut 3 atas kemenangan pasangan calon nomor urut 1 dalam pemilihan Presiden Mahasiswa (Presma) di kampus.

“Kayaknya mereka pendukung pasangan nomor urut 3 ada yang tidak terima. Karena nomor urut 1 yang memiliki suara terbanyak,” tegasnya.

Pihak kampus pun akhirnya memberikan ultimatum agar wilayah kampus sudah harus seteril pada pukul 16.00 WIB. Baik mahasiswa pendukung calon nomor urut 1 dan mahasiswa pendukung calon nomor 3.

Dari bentrokan ini, ada dua mahasiswa yang berasal dari pendukung pasangan nomor urut 1 mengalami luka ringan.

Tampak, belasan aparat keamanan polisi bersama TNI terus melakukan melakukan penjagaan di sekitaran area kampus. (Der/ulm)