Ini Bahaya Akibat Sering Begadang Malam Hari

Begadang bisa menurunkan metabolisme tubuh dan imunitas. (Adobestock)
Article top ad

MALANGVOICE – Manusia disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Kurang tidur, bisa menyebabkan metabolisme terganggu dan berdampak pada kesehatan Anda.

Bukan hanya itu, kebiasaan begadang juga bisa menyebabkan kematian karena tubuh mudah terserang penyakit seperti diabetes dan darah tinggi. Berikut MVoice merangkum 8 bahaya begadang dari laman Boldsky.com dan Healthline.com, Minggu (7/10):

1. Cepat Gemuk

Kenaikan berat badan sangat berhubungan erat dengan kurang tidur. Apalagi, jika setiap hari jam tidur Anda kurang dari 6 jam. Tentu, metabolisme yang salah satu manfaatnya membantu membakar lemak akan terganggu. Ditambah lagi, kebiasaan ‘ngemil’ pada malam hari membuat berat badan akan meningkat lebih cepat.

2. Gampang Sakit

Begadang akan menghancurkan sel darah putih dan membuat sistem imun pada tubuh melemah. Inilah mengapa mereka yang sering terjaga di malam hari mudah terserang flu atau masuk angin.

3. Sindrom susah tidur

Membiasakan diri begadang setiap malam akan membuat Anda terserang sindrom susah tidur. Sindrom ini bahkan dialami sebagian besar pekerja kantoran yang menyebabkan mereka jadi mudah emosi dan berpikiran negatif ketika berkegiatan di siang hari.

4. Penyakit jantung

Tidur terlalu malam juga mempengaruhi resiko penyakit jantung. Tidak sedikit kasus gagal jantung yang disebabkan seringnya begadang.

5. Diabetes

Begadang juga dapat memanjakan hormon penyebab stres, alhasil produksi insulin tubuh akan menurun. Hal ini berkaitan erat dengan munculnya diabetes.

6. Stroke

Hal yang paling sulit dihindari adalah serangan stroke ketika Anda sering begadang. Hal ini disebabkan karena ada serangan jantung yang mendadak, yang memicu kelumpuhan sebagian tubuh.

7. Tekanan darah tinggi

Kurang istirahat juga menyebabkan tubuh jadi stres. Kalau sudah begitu, seluruh sistem tubuh akan terpengaruh dan menyebabkan tekanan darah jadi tinggi.

8. Sakit kepala

Apabila setiap pagi Anda bangun dengan rasa sakit kepala berkepanjangan, maka inilah hasil dari kurang tidur. Ada shock kecil yang dialami otak dan apabila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak.(Hmz/Aka)