Gebyar Ketupat

Evaluasi ASN, ER: Jangan Jadi Pegawai Malas

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan jajaran Forpimda Kota Batu halal bi halal dengan seluruh ASN Pemkot Batu di Gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Senin (3/7). (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Halal bi halal lingkungan Pemkot Batu, Senin (3/7) dijadikan kesempatan Wali Kota Batu untuk evaluasi kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara). Orang nomor satu di Kota Wisata Batu (KWB) ini mengimbau ASN untuk meningkatkan etos kerja.

“Pada momentum yang baik ini, mari tingkatkan etos kerja. Jangan jadi pegawai yang malas,” kata pria akrab disapa ER memimpin apel pertama pasca libur cuti bersama Idul Fitri 1438 Hijriyah.

ER menambahkan, momentum pasca Ramadan tahun ini harus jadi ajang evaluasi. ASN harus lebih meningkatkan displin dan semangat kerja untuk negara. “Tunjukan kepada masyarakat bahwa kita adalah abdi negara yang bekerja untuk rakyat,” pungkas penghobi motor trail ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, mengungkapkan, pemerintah bakal menindak tegas ASN yang tidak masuk tanpa keterangan yang jelas. Pihaknya masih menunggu laporan resmi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD). “Acuan kami bukan absensi di kantor tapi absen di apel pagi tadi,” jelasnya.

Lelaki juga menjabat Ketua PMI Kota Batu ini menambahkan, jika sejak hari ini sampai lima hari tidak masuk tanpa keterangan jelas, maka hukumnya penurunan pangkat.

Bahkan, lanjut dia, apabila sudah ada catatan khusus serta jika tidak ada jabatan strategis, sanksinya berupa pemecatan. “Ini sudah ada aturannya,” pungkas Punjul.