Penerimaan Peserta Didik Baru

Diumumkan, Banyak Pendaftar PPDB Prestasi Tak Penuhi Syarat

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Zubaidah. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi tingkat SMPN di Kota Malang diumumkan hari ini (3/7). Hasilnya, banyak pendaftar jalur ini tidak memenuhi persyaratan.

Kepala Dinas Pendidikan, Zubaidah, mengatakan, meski tidak ada pembatasan kuota penerimaan, namun tidak semua peserta dinyatakan lolos. “Yang diterima sekitar 90 orang, hampir mencapai 100,” ungkapnya.

Angka tersebut hanya sekitar 40 persen jika dibandingkan total keseluruhan pendaftar. Persyaratan yang tidak dipenuhi sebagian besar pendaftar ialah kriteria prestasi yang digunakan untuk mendaftar. Alumnus Himpunan Mahasiswa Islam itu menyebut, penilaian terhadap prestasi tidak dapat dimanipulasi.

“Syarat yang tidak dipenuhi, misalnya kami minta prestasi liner, berjenjang, serta diadakan lembaga yang kerjasama dengan pemerintah. Misal ada prestasi tingkat internasional tapi dia tidak kerjasama dengan instansi, atau hanya event internal, ya tidak bisa,” urainya.

Prestasi yang memenuhi kriteria meliputi akademik dan non akademik. Untuk bidang akademik antara lain OSN (Olimpiade Sains Nasional), International Mathematics and Science Olympid (IMSO), lomba penelitian karya ilmiah, dan sebagainya.

Sementara, prestasi non akademik misalnya O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), Pekan Olahraga Provinsi, POR SD, POR pelajar daerah, kejuaraan propinsi, PON dan sea games.

Jenjang dan juara yang memenuhi syarat, yakni juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2 dan 3 tingkat provinsi, nasional dan internasional. Proses seleksi sendiri sudah dilaksanakan jauh-jauh hari.

Sebagaimana agenda yang terjadwalkan, penyerahan sertifikat prestasi sudah dilaksanakan pendaftar pada 19 – 20 Juni lalu. “Sesuai jadwal, tepat hari ini serangkaian proses rampung dan diumumkan,” pungkas Zubaidah.